Tetap pakai Windows XP? Biayanya mahal

Sabtu, 18 Mei 2013 07:01 Reporter : Dwi Zain Musofa
Tetap pakai Windows XP? Biayanya mahal Windows XP. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebuah penelitian baru saja menunjukkan bahwa tetap memakai Windows XP membutuhkan biaya tiga kali lebih besar daripada berganti ke OS yang baru.

Dilansir Softpedia (17/4), penelitian yang dilakukan oleh IDC yang dipublikasikan oleh The Financial Express mengungkapkan hasil bahwa biaya yang diperlukan untuk tetap memakai Windows XP dalam jangka waktu tiga tahun ke depan setidaknya membutuhkan USD 95 atau sekitar Rp 900 ribu untuk biaya upgrade saja.

Selain itu, penelitian ini juga mengungkapkan jika pengguna tetap menggunakan Windows XP setelah OS ini dipensiunkan per tanggal 8 April 2013, maka biaya yang harus dikeluarkan oleh pengguna jauh lebih besar lagi.

Penelitian IDC menyebutkan jika pengguna harus membayar sebesar USD 300 atau sekitar Rp 2,9 juta per tahunnya untuk layanan keamanan ataupun custom support lain.

Pihak Microsoft yang diwakili Amrish Goyal selaku Direktur Microsoft India ,menyatakan bahwa perusahaan yang tetap menggunakan Windows XP setelah April 2014 juga akan menimbulkan resiko tinggi bagi keamanan data perusahaannya.

Meskipun penelitian ini dikhususkan untuk pengguna Windows XP dalam bentuk instansi ataupun perusahaan, namun bagi pengguna personal OS ini juga memiliki resiko keamanan yang sama terutama resiko keamanan data yang terdapat dalam perangkat komputer mereka. [dzm]

Baca juga:
Windows XP segera pensiun, pengguna enggan pindah OS
Perlukah pengguna XP beralih ke operating system lain?
Microsoft
Microsoft
Windows XP berakhir di tahun 2014

Topik berita Terkait:
  1. Windows
  2. Microsoft
  3. Windows XP
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini