Terlalu lama kena sinar lampu di kantor ternyata bikin gemuk!

Selasa, 12 Mei 2015 20:04 Reporter : Bramy Biantoro
Terlalu lama kena sinar lampu di kantor ternyata bikin gemuk! Ilustrasi kantor . ©shutterstock.com/hacohob

Merdeka.com - Kegemukan atau obesitas biasanya disebabkan oleh kebanyakan makan, tetapi ilmuwan dari universitas di Belanda menyatakan bila sinar lampu di kantor dan beberapa tempat lain pun turut andil dalam peningkatan berat badan.

Berdasarkan penelitian pusat kesehatan Universitas Leiden yang dipublikasikan di jurnal National Science, terungkap bila sinar atau cahaya buatan yang berasal dari lampu berhubungan dengan obesitas.

Tim ilmuwan yang dipimpin oleh Patrick Rensen membuktikannya dengan cara melakukan eksperimen pada tikus. Mereka menempatkan satu kelompok tikus pada ruangan yang terus terkena lampu yang sama seperti di kantor, mall, atau rumah selama 24 jam penuh.

Sementara itu, kelompok tikus kedua ditempatkan di lingkungan yang gelap tanpa lampu, dan kelompok tikus ketiga ditempatkan di ruangan yang disinari 12 jam dan dibiarkan gelap 12 jam selanjutnya.

Untuk memantau lemak di tubuh tikus-tikus itu, ilmuwan menyuntikkan lemak radioaktif khusus. Sehingga, jumlah makanan dan seberapa banyak mereka bergerak bisa terekam.

Hasilnya, kelompok tikus yang terkena sinar lampu selama 24 jam mempunyai berat badan tertinggi dibandingkan dua kelompok tikus lain. Padahal, mereka diberi makan dalam jumlah yang sama dan terpantau aktif bergerak.

Jika Anda merasa mengalami hal yang sama dengan tikus-tikus tadi, mungkin ada baiknya kita memperbanyak kegiatan di luar ruangan yang dipenuhi oleh sinar matahari bukannya sinar lampu. [bbo]

Topik berita Terkait:
  1. Penelitian
  2. Penelitian Ilmiah
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini