Terjebak di Belantara Salju, Pria Ini Selamat Gara-gara Aktifkan Fitur SOS iPhone 14

Kamis, 8 Desember 2022 13:30 Reporter : Fauzan Jamaludin
Terjebak di Belantara Salju, Pria Ini Selamat Gara-gara Aktifkan Fitur SOS iPhone 14 Gletser Byron di Alaska. ©LANCE KING/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP

Merdeka.com - Fitur SOS besutan Apple, baru saja dikabarkan telah menyelamatkan nyawa seseorang yang terdampar di tempat yang terisolasi di Alaska. Tempat yang dingin itu seseorang harus bertahan. Beruntung ia memiliki iPhone 14 yang mampu memberikan signal SOS via satelit ke pihak keamanan di sana.

Dilaporkan 9to5mac, Kamis (8/12), petugas keamanan Alaska menerima pesan darurat yang berasal dari pada Apple saat dini hari, kemarin. Dalam keterangannya, pihak keamanan Negara Bagian Alaska itu menceritakan kronologi kejadian.

"Pada tanggal 1 Desember 2022, sekitar pukul 02.00, Pasukan Negara Bagian Alaska diberi tahu bahwa seorang pria dewasa yang bepergian dengan mesin salju dari Noorvik ke Kotzebue telah mengaktifkan SOS Darurat iPhone Apple melalui satelit di iPhone-nya setelah terdampar," tulis kronologi tersebut.

Setelah mendapatkan informasi itu, mereka kemudian melakukan koordinasi dengan tim pencarian dan penyelamatan lokal, Pusat Tanggap Darurat Apple, dan Koordinator Pencarian dan Penyelamatan Wilayah Arktik Barat Laut, NWAB SAR mengerahkan empat sukarelawan ke area Nimiuk Point langsung ke koordinat GPS yang disediakan oleh Pusat Tanggap Darurat Apple.

"Laki-laki dewasa ditemukan dan telah diangkut oleh tim pencari. Tidak ada korban luka yang dilaporkan ke Troopers," tulisnya.

Laporan itu tidak menyebutkan masalah yang menyebabkan pria itu terlantar. Kegagalan mekanis dan mobil salju macet adalah dua kemungkinan yang jelas. MacRumors melaporkan bahwa polisi negara terkesan dengan seberapa baik sistem SOS bekerja.

Begitu juga dengan pasukan yang membantu penyelamatan. Mereka dibuat terkesan dengan keakuratan dan kelengkapan informasi yang diberikan iPhone 14. Pasalnya, dengan fitur SOS Darurat melalui Satelit yang dirancang untuk mengajukan beberapa pertanyaan sebelum peringatan dikirimkan untuk mempercepat misi penyelamatan.

[faz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini