Telkomsel targetkan pengguna 4G di NTT tumbuh dua kali lipat

Senin, 10 April 2017 11:48 Reporter : Fauzan Jamaludin
Telkomsel targetkan pengguna 4G di NTT tumbuh dua kali lipat Ilustrasi operator seluler. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Telkomsel baru saja meresmikan 4G LTE di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Walau baru saja menggelar jaringan 4G, sejatinya konsumsi data pelanggan Telkomsel secara keseluruhan di NTT cukup tinggi. Hal itu terbukti dari sebanyak 3 juta pelanggan di NTT, 50 persennya menggunakan layanan data.

"Kalau dari sisi penggunaan, layanan data paling tumbuh signifikan. Sementara voice juga masih double digit. Jadi luar biasa memang, kebutuhan antusiasme masyarakat di NTT menggunakan layanan data," ujar Executive Vice President Area Jawa Bali Telkomsel, Ririn Widaryani saat acara peresmian 4G di Kupang, Sabtu (8/4).

Dia juga memperkirakan, untuk Average Revenue Per User (ARPU) di NTT mencapai Rp 50.000 dan rata-rata mereka mengonsumsi data sebesar 1 GB per bulan. Meski begitu, kontribusi revenue Telkomsel di area tersebut masih di dominasi voice atau telepon. Kata dia, kontribusi pendapatan dari data masih sekitar 38 persen hampir 40 persen, sementara sisanya diraih dari layanan suara.

"Karena komunikasi dan mobilitas tinggi, banyak keluarga yang jauh. Jadi penggunaan telepon masih tinggi," kata dia.

Meski baru dirilis secara resmi, namun pengguna 4G mereka di NTT sudah mencapai 10 persen dari total penggunanya atau sekitar 300 ribu pelanggan. Dia optimis angka itu bakal terus naik seiring dengan kebutuhan akses internet cepat bagi masyarakat.

"Kalau 4G ini kan masih baru ya, jadi masih sekitar 300 ribuan pelanggan. Tapi di akhir tahun ini bisa tumbuh double digit," ungkap dia.

Telkomsel telah membangun 2.346 Base Tranceiver Stations (BTS) di kawasan NTT, dengan rincian 221 BTS eNode B (4G), 758 BTS 3G, dan 1.367 BTS 2G. Telkomsel berencana akan terus membangun BTS 4G 100 BTS lagi hingga akhir tahun 2017. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Telkomsel
  2. Telco
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini