Telkom kembangkan bisnis digital di Indonesia

Sabtu, 25 November 2017 13:36 Reporter : Syakur Usman
Telkom kembangkan bisnis digital di Indonesia Digi Summit TelkomGroup. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, PT Telkom Tbk, terus mengembangkan ekosistem digital untuk mendukung pembangunan ekonomi digital di Tanah Air. Lewat event Digi Summit TelkomGroup selama dua hari lalu (22-23/11) di Jakarta, Telkom mengajak para mitranya untuk berkolaborasi dan bersinergi mengembangkan layanan digital untuk masa kini dan masa depan.

David Bangun, Direktur Digital and Strategic Portfolio Telkom, menjelaskan Telkom Group mendukung arahan Presiden Joko Widodo yang mencanangkan ekonomi digital Indonesia menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Hal ini juga sejalan dengan visi TelkomGroup untuk menjadi the King of Digital in the Region.

“Semua layanan digital ini harus memberikan manfaat yang luas baik bagi perusahaan dan bangsa, sehingga Ekosistem Digital akan tercipta untuk mewujudkan pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia yang berkelanjutan,” ujar David dalam keterangannya pada Merdeka.com, Sabtu (25/11).

Pada event ini, TelkomGroup menandatangani kerja sama dengan Cellum International dari Hungaria untuk membangun bisnis digital di sektor fintech untuk pelanggan enterprise. Kemudian untuk memperkaya e-commerce bagi pelanggan enterprise juga ditandatangani kerja sama dengan perusahaan lokal ADW.

Sementara untuk mengembangkan layanan digital bagi pelanggan perorangan, seperti game, video, music hub, dan browser, akan dilakukan oleh anak usaha Telkom, yakni Melon dan Metranet. Melalui Metranet, Telkom Group menggandeng Agate sebagai mitra yang akan membangun ekosistem game dan publisher game international seperti GameLoft dan Garena.

Untuk membangun entertainment hub, Telkom akan membangun video hub berbasis advertising dan subscription, juga menggandeng beberapa mitra penyedia konten video dan musik. Antara lain HOOQ, Muvinow, Goers, dan Finnet. Digi Summit TelkomGroup 2017 diharapkan dapat menjadi ajang tukar pikiran para eksekutif pelaku industri digital, serta kolaborasi penyedia platform dan pemilik konten dengan TelkomGroup. Event ini juga diharapkan dapat melahirkan layanan-layanan digital yang memiliki manfaat luas bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.


Layanan Terbaru

Di Digi Summit 2017, TelkomGroup memperkenalkan beberapa layanan digital baru. Untuk segmen enterprise, diperkenalkan layanan “xooply” dan xsight.

Xooply merupakan platform B2B marketplace yang memberikan kemudahan kepada perusahaan melakukan transaksi secara online (e-commerce). Xooply.com nantinya merupakan platform B2B e-Marketplace pertama yang mengagregasikan kebutuhan pengadaan maintenance, repair, and operations (MRO) dari BUMN, BUMD, dan K3S. Sedangkan layanan Xsight dapat mempermudah keputusan bisnis perusahaan dan membantu developer membangun aplikasinya.

Di bidang advertising, melalui layanan “Aim Right”, Telkom ingin memudahkan pelanggan korporasi untuk mengirimkan informasi produk berbagai format melalui aplikasi telepon seluler kepada profil pengguna sesuai target penerima informasi. Layanan “Xooply”, ‘Xsight” dan “Aim Right” ini akan dapat dinikmati pelanggan pada Desember 2017.

Untuk memberikan pengalaman Like Never Before, untuk anak-anak dan keluarga Indonesia, Telkom siap menyediakan USearch, browser terkini yang dikastemisasi untuk melindungi anak-anak dari konten pornografi, cybercrime, rasis dan konten-konten negatif lainnya. TelkomGroup juga memperkenalkan HOOBEX dan OONA yang merupakan layanan “Twin OTT Platform” untuk entertainment.

Hoobex akan memanjakan pelanggan dengan layanan video dan music premium dengan cara berlangganan. Layanan ini dilengkapi dengan OONA yang akan memiliki puluhan atau ratusan kanal TV/linear channel yang bisa dinikmati pelanggan secara gratis dan berbasis programmatic advertising. Dengan inovasinya dalam programmatic advertising, OONA akan mendorong terjadinya industri konten video yang sehat di Indonesia. Dalam bentuk apps,Hoobex dan OONA akan siap pada Desember 2017. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Telco
  3. Telkom Group
  4. PT Telkom
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini