Teknologi sederhana ini mampu hentikan 663 juta kasus malaria!

Kamis, 17 September 2015 21:07 Reporter : Bramy Biantoro
Teknologi sederhana ini mampu hentikan 663 juta kasus malaria! Ilustrasi nyamuk malaria. ©Shutterstock.com/Kletr

Merdeka.com - Selain Indonesia, negara-negara di Afrika juga menjadi kawasan yang sering terkena wabah malaria. Uniknya, sejak tahun 2000 lalu, Afrika memiliki senjata hebat untuk menanggulangi malaria. Apa itu?

Berdasarkan laporan dari Universitas Oxford, warga Afrika kini mengandalkan sebuah teknologi sederhana untuk melawan malaria, yakni kelambu nyamuk! Ya, jaring yang dipasang di tempat tidur itu terbukti menurunkan angka penularan malaria hingga 50 persen dari tahun 2000 sampai sekarang.

Dari penelitian di berbagai daerah di Afrika, kelambu nyamuk diklaim telah membantu warga menanggulangi sekitar 663 juta kasus malaria.

Perlu diketahui, kelambu nyamuk yang dipakai oleh warga Afrika terhitung spesial. Sebab, kelambu itu telah didesain untuk menahan laju nyamuk dan memiliki lapisan anti serangga. Sebuah penemuan sederhana yang bisa menyelamatkan jutaan nyawa.

Meski kelambu nyamuk itu sudah terlihat efeknya, ilmuwan Oxford mengaku belum puas.

"300 Ribu anak-anak masih meninggal setiap tahunnya akibat malaria di Afrika, terlepas dari penemuan-penemuan hebat itu. Kita masih harus melipatgandakan usaha untuk menyelesaikan masalah malaria ini," ujar Dr. Peter Gething. [bbo]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini