Teknologi Berbasis AI Disebut Bakal Tingkatkan Kualitas Hidup

Jumat, 2 Desember 2022 09:11 Reporter : Merdeka
Teknologi Berbasis AI Disebut Bakal Tingkatkan Kualitas Hidup kecerdasan buatan. pixabay

Merdeka.com - CEO Fox Logger, Alamsyah Cheung mengatakan Society 5.0 akan tercipta di Indonesia dalam jangka waktu kurang dari satu dekade ke depan. Society 5.0 adalah sebuah konsep tentang masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi.

Digagas oleh bangsa Jepang, pada masa Society 5.0, masyarakat diharapkan mampu menyelesaikan beragam tantangan dan permasalahan yang dihadapinya dengan cara memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era revolusi industri 4.0.

"Teknologi itu berbasis AI (artificial intelligence), robot dan IoT (internet of things). Dengan memanfaatkan teknologi tersebut, diharapkan masyarakat bisa meningkatkan kualitas kehidupannya," kata Cheung dalam keterangannya, Jumat (2/12).

Menurutnya, ada dua hal utama yang mempertegas bahwa Society 5.0 tidak dapat dihindari. Pertama, penerapan teknologi 5G yang sedang digalakkan oleh pemerintah. Kedua, jumlah pengguna internet di Indonesia yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

"Pertumbuhan dua hal tersebut diyakini akan mendorong terciptanya era Society 5.0," ungkap dia.

Maka itu, Fox Logger terus membenahi diri dan mengembangkan sebuah platform Artificial Intelligence (AI) tahap lanjutan yang mampu menganalisis lebih jauh pergerakan objek yang dipantau. Dengan pengembangan ini, diharapkan perangkat Fox Logger yang berbasis IoT bisa semakin presisi dalam memantau pergerakan objek yang menggunakannya.

"Bukan hanya kendaraan pribadi ataupun operasional, namun juga termasuk orang tua kita yang sudah berusia senja ataupun anak-anak kita, semuanya bisa terpantau sehingga keselamatan mereka bisa selalu terjaga. Bahkan pergerakan hewan kesayangan kita pun bisa turut terpantau," ungkap dia.

[faz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini