Taurus, antara legenda monster Minotaur dan perselingkuhan Zeus

Kamis, 17 April 2014 17:10 Reporter : Dwi Andi Susanto
Zodiak. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Taurus adalah sebuah konstalasi perbintangan dengan simbol seekor kerbau besar. Dalam bahasa Sumeria dan Babylonia, Taurus juga dikenal dengan nama The Steer of Heaven.

Elemen dari Taurus adalah bumi dengan planet yang cocok dengannya adalah Venus. Simbol dari Taurus menurut mitologi bangsa Mesir dan Yunani kuno adalah seekor raja banteng yang kekar dan kuat.

Orang-orang yang memiliki zodiak Taurus, rata-rata mempunyai sifat yang kuat pendirian, elegan dan pekerja keras. Namun sifat buruk dari Taurus adalah keras kepala.

Zodiak tropikal untuk Taurus adalah pada tanggal 20 April sampai 20 Mei dan zodiak siderialnya jatuh pada tanggal 14 Mei sampai 14 Juni. Bintang paling terang untuk Taurus adalah Aldebaran dan nama sanskritnya adalah Vrishabha.

Apabila dirunut dalam sejarahnya, kisah Taurus banyak dikaitkan dengan legenda Theseus dan Minotaur. Ada dua versi untuk kisah dari Taurus ini.

Pertama adalah seorang pemuda bernama Theseus mendaftarkan diri sebagai sukarelawan dari Athena yang akan diberangkatkan dengan banyak sukarelawan lain ke sebuah labirin di pulau Kreta (Crete) untuk mengalahkan seekor monster setengah manusia dan setengah banteng bernama Minotaur.

Dengan bantuan Ariadne, seorang pahlawan legendaris, akhirnya Theseus berhasil membunuh Minotaur dan dapat menyelamatkan dari amuk sang raja Kreta yaitu Minos.

Namun, pada versi kedua, kisah Taurus ini lebih mengacu pada kisah cinta Zeus atau raja dari para dewa yang terkenal playboy. Dalam cerita itu mengisahkan bahwa suatu ketika Zeus lepas dari pengawasan sang istri, Hera, dan pergi ke bumi.

Pada saat turun ke bumi, Zeus jatuh hati kepada seorang wanita bernama Europa yang kala itu sedang bermain-main dengan beberapa temannya di pantai.

Dikarenakan takut Europa lari karena mengetahui bahwa dia adalah Zeus, sang dewa ini mengubah dirinya menjadi seekor banteng putih yang indah dan gagah, kemudian mendekati Europa dan teman-temannya.

Seketika itu juga, Europa tertarik dan kagum akan keindahan banteng itu dan mulai bermain, mengelus dan sampai naik ke punggungnya. Bahkan Europa juga lupa kepada teman-temannya.

Tidak menunggu waktu lama, Zeus membawa Europa menyeberangi lautan dan pergi ke pulau Kreta. Di pulau tersebut, Zeus kembali ke bentuk aslinya dan menjadikan Europa kekasihnya.

Dari hasil hubungan itu, Europa melahirkan 3 anak laki-laki yang oleh Zeus akhirnya dilambangkan sebagai cinta, kekuatan dan keindahan. Simbol tersebut akhirnya menjadi salah satu rasi bintang yang menghiasi langit malam.

Sumber: Wikipedia.org, Theastrologyroom.com, Astrologers.com, Astro.com, Spiffy-entertainment.com, Astrology.com, Inkamera.ukgo.com, Igreekmythology.com [das]

Topik berita Terkait:
  1. Penelitian
  2. TekStory
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini