Talenta Indonesia, yuk ikut kontes nyanyi online berhadiah Rp 13 M

Senin, 17 Oktober 2016 16:07 Reporter : Didi Syafirdi
ilustrasi menyanyi. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Perusahaan start-up Sillicon Valley bernama Tulwe Inc meluncurkan Tulwe Global Music Contest. Sillicon memberikan kesempatan kepada warga Indonesia dan negara berkembang lainnya untuk mendapatkan hadiah jutaan dolar AS jika berhasil menjuarai kontes menyanyi mirip American Idol dan X Factor ini.

Berbeda dengan dua ajang kontes bakat di TV itu, Tulwe Global Music Contest dapat diikuti semua lapisan masyarakat di mana pun mereka berada. Untuk mengikuti kontes ini peserta cukup merekam penampilan mereka via smartphone.

"Ini berarti semua talenta Indonesia yang berada di daerah pelosok di seluruh 17.000 pulau nusantara juga bisa berkesempatan menjadi selebriti internasional," kata Tulwe Inc dikutip dari Antara, Senin (17/10).

Tulwe akan menandatangani kontrak rekaman senilai 1 juta dolar AS (Rp 13 miliar) dengan pemenang kontes, dan tetap memberikan beberapa tawaran rekaman lainnya bagi seluruh kontestan yang berhasil mendapatkan voting dalam jumlah banyak.

Tulwe Global Music Contest adalah ajang kompetisi internasional melalui aplikasi smartphone yang bernama Tulwe. Aplikasi ini berinovasi menjadi sebuah media bagi siapa pun dan di mana pun, dengan koneksi internet dapat merekam dan mengunggah lagu yang mereka nyanyikan, tanpa mempedulikan lokasinya.

Setiap rekaman akan dinilai oleh seluruh pengguna dengan cara voting. Demikian dilansir dari Antara.

Pendiri dan CEO dari Tulwe Inc, Anthony Karim Adam, percaya bahwa setiap orang dari negara mana pun berhak memiliki kesempatan untuk menunjukkan bakat menyanyi dalam panggung internasional.

Menurut dia, berbagai kompetisi di AS dan Eropa saat ini masih sulit atau bahkan tidak mungkin diikuti oleh individu-individu di negara berkembang seperti Indonesia, meskipun mereka mempunyai bakat yang luar biasa.

"Disinilah Tulwe menjembatani halangan tersebut," ujar Anthony. Dengan cara sederhana memungkinkan pengguna untuk merekam dan mengunggah hasil karya mereka secara nyaman dari rumah atau di mana pun dan dinilai oleh pendengar dalam skala internasional.

Fokus dari model bisnis Tulwe adalah mendorong jumlah unduhan aplikasi dan memicu aktivitas pengguna melalui rekaman nyanyian dan kegiatan voting. Menyadari kesulitan yang dialami para individu berbakat di berbagai negara berkembang, CEO Tulwe menerapkan strategi unik yang menitik-beratkan pemasaran pada aplikasi.

Dengan memberdayakan model terbaru dari perusahaan smartphone seperti Apple, Huawei, dan Samsung untuk merekam penampilan para pemenang, perusahaan dapat memamerkan produk mereka yang telah berjasa menghasilkan seorang bintang baru.

Anthony yakin ini bisa menjadi insentif besar bagi perusahaan smartphone untuk ikut terlibat dalam pelaksanaan Tulwe Global Music Contest.

Selama masa promosi, aplikasi juga mengadakan penganugerahan beasiswa kepada ribuan siswa dan mahasiswa yang menggunakan aplikasi. Kebijakan Tulwe Global Iniative, badan penanggung jawab sosial dari Tulwe Inc, akan memberikan beasiswa kepada siswa yang aktif terlibat dalam konten video di aplikasi.

Kontes ini juga memberikan beberapa tiket barisan depan kepada pengguna untuk menghadiri peluncuran produk bulan November di Kapal Pesiar Desert Rose di Dubai dengan penampilan musik spektakuler dari artis multi-platinum Akon yang akan mendongkrak jumlah unduhan dan pengguna ak [did]

Topik berita Terkait:
  1. Digital Startup
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini