Tak sengaja beli 10 pil ekstasi, robot ini ditangkap polisi

Selasa, 21 April 2015 09:12 Reporter : Bramy Biantoro
Tak sengaja beli 10 pil ekstasi, robot ini ditangkap polisi Ilustrasi robot digital. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Kasus penangkapan manusia oleh polisi karena kasus narkoba mungkin sudah menjadi hal biasa. Namun bagaimana jadinya bila yang ditangkap akibat pembelian narkoba adalah sebuah robot?

Dilansir oleh Daily Mail (20/04), kepolisian Swiss baru-baru ini menangkap sebuah robot yang diketahui membeli narkoba jenis pil ekstasi di 'dark net'.

Dark net adalah bagian internet 'rahasia' yang tidak bisa ditemukan di mesin pencari seperti Google hingga jejaring sosial. Bisa dikatakan bila dark net mirip seperti pasar gelap.

Menariknya, robot ini berbentuk program komputer otomatis yang didesain khusus oleh sekelompok grup seniman bernama !Medienggruppe Bitnik. Robot bernama 'Random Darknet Shopper' itu dibuat memang untuk membeli benda-benda di dark net secara acak menggunakan mata uang digital, Bitcoin.

Nah, sejatinya hasil setiap hasil pembelian robot itu akan dipamerkan di kota St. Gallen, Swiss. Beberapa benda yang sudah dibeli oleh robot tersebut adalah sepatu basket, minuman soda, celana jeans, salinan passport, hingga satu set kunci.

Masalah muncul saat robot itu membeli satu buah kaset DVD yang di dalamnya terdapat 10 butir pil ekstasi.

Setelah kepolisian Swiss melakukan beberapa pemeriksaan dan penghancuran pil ekstasi tadi, komputer yang berisi robot tadi akhirnya dikembalikan ke pemiliknya, !Medienggruppe Bitnik.

"Robot Random Darknet Shopper akhirnya telah dibebaskan dan berada di tangan kami," ujar seniman London Carmen Weisskopf dan Domagoj Smoljo, pencipta robot itu, di blog mereka.

Berdasarkan penyelidikan polisi, robot itu telah membeli pil ekstasi di bulan oktober lalu dari sesroang di Jerman. Lalu pil ekstasi itu diselundupkan ke Swiss dengan cara dimasukkan dalam wadah kaset DVD. [bbo]

Topik berita Terkait:
  1. Robot
  2. Teknologi
  3. Kasus Narkoba
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini