Tak perlu jadi musisi, aplikasi Samsung ini ubah senandung jadi lagu

Selasa, 15 Maret 2016 09:06 Reporter : Indra Cahya
Tak perlu jadi musisi, aplikasi Samsung ini ubah senandung jadi lagu Hum On!. © theverge.com

Merdeka.com - Meski tak semua suara seseorang itu merdu, nampaknya kecintaan masyarakat terhadap menyanyi tak bisa dibendung. Oleh karena itu Smule dengan aplikasi Songify miliknya, jadi hit dalam beberapa tahun terakhir. Aplikasi ini dapat merekam suara nyanyian kita, dan mengubahnya jadi lagu.

Namun bagaimana jika kita hanya ingin bersenandung, dan tak ingin terlalu niat untuk menyanyi? Samsung memberi solusi akan hal tersebut.

Dilansir dari The Verge (14/3), Samsung membuat aplikasi bernama 'Hum On!' yang dapat mengubah suara yang kita senandungkan jadi sebuah lagu. Aplikasi ini adalah inisiasi dari Samsung, yang berambisi memberikan ruang bagi para pegawainya untuk mengeluarkan ide bisnis. Proyek yang bernama 'C-Lab' tersebut ternyata mampu menghasilkan sesuatu yang cukup unik.

Aplikasi yang diperlihatkan di event SXSW 2016 ini, masih dalam tahap pengembangan di Android. Meski demikian, versi beta dari aplikasi ni sudah cukup untuk membuat senandung Anda jadi musik. Hanya tinggal mengetuk tombol rekam dan bersenandung dalam beberapa bar, aplikasi ini akan mengubah vokal jadi notasi musik, dan memutarnya kembali dengan format rekaman layaknya MIDI.

Anda juga dapat mengedit lagunya dengan kembali bersenandung, jika anda merasa kurang puas dengan beberapa not yang dihasilkan. Jenis lagu pun dapat diubah hanya dengan mengetuk tombol 'RnB,' 'rock,' 'orchestra,' dan beberapa yang lainnya.

Dalam sebuah demo yang diperagakan di SXSW, salah satu pengembang bersenandung beberapa nada di sebuah smartphone Samsung, dan not tersebut secara sempurna terbentuk langsung di layar. Namun beberapa percobaan yang melibatkan pengunjung di sana, ternyata tidak seberapa berhasil untuk menciptakan lagu yang bagus.

Belum ada keputusan resmi kapan aplikasi ini akan dirilis. Bahkan Samsung juga tidak memberikan pernyataannya, apakah aplikasi ini akan dirilis atau hanya sekedar pengembangan. Namun akan sangat menarik jika 'Hum On!' akan jadi aplikasi anak hits selanjutnya, yang sangat mudah diaplikasikan untuk saling pamer kemampuan bersenandung. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Aplikasi Mobile
  2. Samsung
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini