Tak ada Snapdragon 820, status 'flagship' Oppo R9 hanya rumor?

Jumat, 4 Maret 2016 14:14 Reporter : Indra Cahya
Tak ada Snapdragon 820, status 'flagship' Oppo R9 hanya rumor? Oppo R9 dan Oppo R9 Plus. © gsmarena.com

Merdeka.com - Selama berminggu-minggu kita mengonsumsi banyak rumor mengenai flagship Oppo terbaru, yakni Oppo R9. Meski seri R generasi sebelumnya ternyata memiliki spek yang tak sesuai harapan, R9 digadang-gadang jadi flagship yang sebenarnya. Namun ada satu faktor yang membuatnya status 'flagship' yang akan disandangnya sedikit memudar.

Dilansir dari GSM Arena (3/3), federasi komunikasi China, TENAA, telah memberikan sertifikasi untuk R9 dan R9 plus, dan kedua seri smartphone tersebut siap memasuki masa penjualan. Proses ini pun tentu mengungkap gambar dari kedua perangkat tersebut, serta beberapa spek yang melengkapinya.

Berdasarkan rilis tersebut, Oppo R9 memiliki bodi metal, yang dilengkapi 5,5inci layar AMOLED, sebauh prosesor octa-core 1.95GHz, RAM 4GB, memori internal 32GB, konektivitas 4G, fungsi dual-SIM, baterai 2.850mAh dan dua buah kamera 16MP di depan dan belakang. Sistemnya berjalan di Android 5.1 Lollipop dan memiliki berat 145 gram.

Meski TENAA tidak menyebut nama chipset yang memotori smartphone ini, sudah jelas bahwa chipset yang digunakan bukanlah Snapdragon 820, chipset Qualcomm keluaran yang terbaru. Karena SD820 memiliki fitur quad-core CPU, bukan octa-core seperti yang ditulis. Berdasarkan clock speed, bisa dispekulasi bahwa smartphone ini hanya menggunakan Helio P10 keluaran MediaTek.

Sedangkan Oppo R9 Plus, hampir sama dengan R9 dihiasi bodi metalik. Perangkat ini sedikit lebih besar dengan lebar 6inci, AMOLED touchscreen yang sama, 16MP kamera di depan dan belakang yang juga sama, sebuah prosesor octacore 1.8GHz, RAM 4GB, memori internal 64GB, baterai 4.120mAh, dual-SIM, serta konektivitas 4G LTE. Berat smartphone ini 185 gram.

Lagi-lagi Snapdragon 820 absen dari smartphone ini. Dari sisi clock speed, bisa diprediksi R9 Plus dimotori oleh Snapdragon 625.

Keputusan aneh juga dibuat Oppo dengan hanya menjalankan smartphone ini di sistem operasi Android Lollipop, yang saat ini sudah menjadi kuno berkat adanya Marshmallow.

Dengan ini, resmi hangus sudah rumor yang selama ini beredar, yang menganggap Oppo R9 akan jadi smartphone yang benar-benar flagship. Mungkin para penggemar Oppo masih bisa berharap dengan rilisnya Oppo Find 9 yang segera rilis tahun ini.

Duo Oppo R9 akan rilis 17 Mare mendatang. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Gadget
  2. Oppo
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini