Tagihan Rekening PDAM Semarang Dapat Dibayar di Seluruh Indonesia

Sumber : | Rabu, 13 Mei 2009 10:22
Tagihan Rekening PDAM Semarang Dapat Dibayar di Seluruh Indonesia
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal Kota Semarang, Jawa Tengah mulai Mei 2009 mendapatkan kemudahan pembayaran tagihan rekening PDAM di seluruh jaringan kantor pos secara nasional menyusul dioperasionalkannya sambungan online pembayaran.

"Bagi pelanggan, terutama yang memiliki aktivitas padat, tidak perlu lagi kesulitan membayar tagihan rekening di PDAM, karena kantor pos yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia siap melayaninya," kata Kepala Wilayah Usaha PT Pos VI Jateng dan DIY, Ismanto saat peluncuran secara resmi pembayaran rekening PDAM Semarang melalui PT Pos di halaman Mal Citra Land Semarang, Selasa.

Ia mengatakan, untuk wilayah Kota Semarang pelanggan PDAM akan dilayani pembayarannya secara "online" yang tersebar di 38 kantor pos di kota ini. Sedangkan untuk wilayah Jateng dan DIY, terdapat 651 Kantor Pos yang akan melayani pelanggan PDAM Semarang.

"Pelanggan yang bepergian ke luar kota, tidak perlu khawatir tidak dapat membayar rekening PDAM, karena dapat dilakukan di semua kantor pos," ujarnya.

Selain itu, lanjut Ismanto, sejak terjalinnya kerja sama antara PDAM dengan PT Pos Indonesia, maka masyarakat Semarang juga mendapatkan kemudahan untuk pembayaran tagihan lainnya, seperti tagihan listrik, telepon, kartu kredit, telepon selular, kredit sepeda motor, dan sejumlah tagihan lainnya.

Ia menambahkan, kerjasama serupa juga akan dilakukan oleh PDAM Purbalingga, karena sejak awal Mei 2009 mulai melakukan uji coba.

Kepala Kantor Pos Semarang Suryadi mengatakan, jumlah mitra yang tergabung dalam SOPP (sistem online payment point) milik PT Pos mencapai 29 mitra, termasuk mitra baru PDAM Semarang.

"Banyaknya mitra ini tentunya akan semakin memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan pembayaran. Bahkan, banyaknya tagihan yang dimiliki masyarakat dapat dilakukan pada satu tempat dalam satu waktu, sehingga sangat menghemat waktu," ujarnya.

Selain menguntungkan pelanggan, kata dia, semua mitra yang tergabung dalam SOPP PT Pos juga diuntungkan, karena pelaporan data berlangsung cepat dan pembayaran ke rekening mitra juga hanya berselang satu hari.

Sejak dibukanya pembayaran tagihan rekening PDAM di kantor pos pada 2 mei 2009, rata-rata per hari Kantor Pos Semarang melayani 300-an pelanggan setiap harinya.

Sementara itu, Direktur Umum PDAM Tirta Moedal Kota Semarang Etty Laksmiwati mengatakan, kerja sama dengan PT Pos merupakan salah satu upaya meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan PDAM di Kota Semarang.

Dengan adanya kerja sama dengan PT Pos, dia berharap, pelanggan akan melakukan pembayaran rekening tagihan PDAM tepat waktu, karena pembayaran dapat dilakukan di 38 kantor kos se-Kota Semarang dan 17 unit loket tetap milik PDAM.

"Adanya kemudahan pembayaran ini, memang memberikan konsekuensi tersendiri bagi pelanggan, karena akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp1.750 per rekening," ujarnya.

Namun, kata dia, pembayaran di loket PDAM tetap gratis dan tidak dikenakan biaya tambahan administrasi.

Menanggapi kerja sama antara PT Pos dengan PDAM Semarang, Wakil Walikota Semarang Mahfudz Ali mengatakan, kerja sama tersebut merupakan langkah maju bagi PDAM Kota Semarang.

Selain itu, kata dia, kerja sama tersebut juga akan menimbulkan ekspektasi (harapan) yang baik terhadap PDAM, karena para pelanggan mendapatkan kemudahan dalam melakukan pembayaran tagihan rekening airnya.

"Hanya saja, kami juga berharap kepada PDAM dan Kantor Pos agar bersikap akomodatif terhadap setiap keluhan masyarakat," imbaunya.(kpl/cax)

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE