Suhu dunia teknologi semakin memanas

Minggu, 1 Juli 2012 14:50 Reporter : Dwi Andi Susanto
Suhu dunia teknologi semakin memanas Logo Microsoft, Apple, dan Google (© Skattertech.com)

Merdeka.com - Di awal Juni lalu, Microsoft merilis operating system terbaru mereka yang dinamakan <a title="Windows 8" href="http://www.merdeka.com/teknologi/windows-8-dijual-dengan-harga-usd-1499.html">Windows 8</a>. Walaupun terkesan sedikit terburu-buru dalam perilisannya, Windows 8 mampu menarik hati banyak pengunjung, pengembang, sekaligus perusahaan lain yang ingin menggunakan operating system tersebut untuk melengkapi produknya.

Hanya terpaut beberapa hari saja, Microsoft kembali meluncurkan dua produk tablet mereka yang diberi nama <a title="Windows RT Surface dan Windows 8 Surface" href="http://www.merdeka.com/teknologi/microsoft-umumkan-surface-windows-rt-dan-surface-windows-8.html">Windows RT Surface dan Windows 8 Surface</a>. Microsoft membersitkan bahwa dua tablet terbarunya ini merupakan penantang bagi produk Apple yaitu iPad. Berselang satu hari saja dari peluncuran dua tabletnya tersebut, Microsoft kembali menggelar satu acara yang dinamakan <a title="Windows Phone Developer Summit 2012" href="http://www.merdeka.com/teknologi/microsoft-gelar-windows-phone-developer-summit-2012.html">Windows Phone Developer Summit 2012</a>. Dalam acara tersebut, Microsoft memperkenalkan operating system untuk handset terbaru besutan mereka yang diberi nama Windows Phone 8.

Seperti tidak mau kalah, pada pertengahan Juni kemarin, Apple juga resmi membuka acara tahunannya yang dinamakan <a title="WWDC 2012" href="http://www.merdeka.com/teknologi/apple-bagikan-ios-6-beta-version-ke-pengembang-di-wwdc-2012.html">WWDC 2012</a>. Dalam acara tersebut, Apple telah memperkenalkan banyak produk sekaligus aplikasi terbaru mereka walaupun menurut para pengembang dan pengunjung masih terdapat beberapa <a title="produk lain yang masih misterius." href="http://www.merdeka.com/teknologi/produk-produk-apple-yang-masih-misterius.html">produk lain yang masih misterius.</a>

Dengan dihelatnya dua acara dari kompetitor-kompetitornya, Google juga menggelar acara serupa di akhir bulan Juni kemarin. Dalam acara yang dinamakan <a title="Google I/O 2012" href="http://www.merdeka.com/teknologi/google-perkenalkan-banyak-produk-di-hari-pertama-google-io-2012.html">Google I/O 2012</a>. Seperti halnya  Microsoft dan Apple, Google juga memperkenalkan banyak produk serta operating system untuk handset terbaru mereka yang dinamakan <a title="Android 4,1 Jelly Bean" href="http://www.merdeka.com/teknologi/android-41-jelly-bean-punya-fitur-mirip-apple-siri.html">Android 4,1 Jelly Bean</a>.

Nampaknya, perhelatan acara serta peluncuran beberapa produk dari ketiga perusahaan besar ini dapat dikatakan sebagai awal ditabuhnya genderang perang di dunia teknologi. Seperti yang diketahui, ketiga perusahaan ini merupakan 'tokoh utama' dalam dunia teknologi saat ini.

Tentunya banyak strategi yang dirancang oleh ketiga perusahaan raksasa ini untuk menjadi jawara dalam perang teknologi ini. Contohnya saja, selain didukung dengan perangkat lunak dan kerasnya yang hi-end, Microsoft juga mempunyai banyak persenjataan lain seperti <a title="Yammer" href="http://www.merdeka.com/teknologi/seberapa-berharga-yammer-di-mata-microsoft.html">Yammer</a>

yang telah diakuisisi Microsoft beberapa waktu lalu.

Tidak hanya itu saja, Microsoft juga mempunyai partner besar lain yaitu Nokia. Selama ini, Nokia merupakan partner kerja Microsoft, dan hal tersebut ditandai dengan diluncurkannya produk Lumia series besutan Nokia dengan balutan operating system Windows Phone di dalamnya.

Bukan hanya Microsoft yang mempunyai strategi jitu, namun Google juga menerapkan hal yang sama dengan menciptakan banyak produk di Google I/O 2012 kemarin. Selain itu Google mendapat tambahan 'amunisi' ketika perusahaan raksasa ini berhasil mengakuisisi <a title="Motorola" href="http://www.merdeka.com/teknologi/google-resmi-akuisisi-motorola-rp-120-triliun.html">Motorola</a> pertengahan bulan Mei lalu.

Selain berhasil membeli Motorola, operating system besutannya juga banyak digunakan oleh vendor-vendor handset besar di dunia seperti Samsung, Sony, dan HTC. Amunisi Google juga semakin menumpuk dengan berita bahwa pengguna <a title="Android, Google+ dan" href="http://www.merdeka.com/teknologi/pengguna-android-di-tahun-2012-meningkat-4x-lipat.html">Android, Google+ dan</a> <a title="Chrome" href="http://www.merdeka.com/teknologi/pengguna-chrome-meningkat-dua-kali-lipat-dari-tahun-2011.html">Chrome</a> meningkat dari tahun 2011 sampai pertengahan tahun 2012 ini. Hal tersebut menandakan banyak orang yang menyukai produk-produk buatan Google.

Apabila Microsoft dan Google membuat ekosistem terbuka, nampaknya Apple tetap bersikukuh untuk berdiam diri dalam ekosistemnya sendiri. Seperti yang banyak dikabarkan, Apple hanya membuat aplikasi dan perangkat untuk produk mereka sendiri dan tidak dapat digunakan oleh produk besutan vendor lain.

Walaupun merupakan perusahaan raksasa dan penuh dengan inovasi teknologi tinggi, Apple hanya sedikit menjalin kerjasama dengan pihak lain. Rumor terbaru adalah Apple dan <a title="Facebook" href="http://www.merdeka.com/teknologi/integrasi-apple-ios-dan-facebook-angkat-saham-facebook.html">Facebook</a> sedang menjajaki masa kerjasama.

Namun, seperti yang dituliskan oleh Msn.com, Apple masih mempunyai kartu truf lain apabila rumor yang beredar menjadi kenyataan. Selama ini dirumorkan bahwa Apple sedang mengembangkan dua produk mereka terbaru yang dinamakan <a title="iPad Mini" href="http://www.merdeka.com/teknologi/benarkah-ini-foto-ipad-mini.html">iPad Mini</a>

dan <a title="iPhone 5 atau New iPhone" href="http://www.merdeka.com/teknologi/apa-benar-ini-foto-iphone-5.html">iPhone 5 atau New iPhone</a>.

Apabila dua produk baru tersebut benar-benar nyata dan diluncurkan, maka dapat dikatakan bahwa Apple akan selangkah lebih maju daripada Google dan Microsoft karena dari perhelatan bulan Juni kemarin yang digelar Microsoft dan Google, keduanya terkesan telah melepas produk-produk barunya dan tidak mempunyai stock produk lagi untuk diluncurkan dalam jangka waktu dekat.

Apakah sampai akhir tahun 2012 ini Apple atau Google atau Microsoft atau kompetitor lain seperti HTC dan Sony akan menjadi jawara? Kita tunggu jawabannya di akhir tahun nanti.

  [das]

Topik berita Terkait:
  1. Apple
  2. Microsoft
  3. Google
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini