Startup Asia Tenggara Mau Ekspansi ke Korsel? Begini Caranya!

Jumat, 20 Mei 2022 14:16 Reporter : Merdeka
Startup Asia Tenggara Mau Ekspansi ke Korsel? Begini Caranya! Ilustrasi startup. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Jirsak

Merdeka.com - Program akselerator terbesar pemerintah Korea Selatan untuk startup asing, K-Startup Grand Challenge (KSGC), mengundang kandidat dari perusahaan rintisan dan pengusaha dari seluruh dunia untuk edisi 2022. KSGC diselenggarakan oleh Kementerian UKM dan Startup (MSS) dan diselenggarakan oleh Badan Promosi Industri TI Nasional (NIPA).

Perusahaan rintisan di Asia Tenggara dapat memanfaatkan program KSGC untuk berekspansi ke Korea Selatan, pasar utama di Asia yang terkenal dengan inovasi teknologinya. Program ini memberikan dukungan regulasi serta jaringan industri untuk membangun eksistensi di Korea Selatan. Anggota tim menerima pembiayaan dan dukungan visa sebagai bagian dari program.

Dalam keterangan persnya, Jumat (20/5), selama enam tahun terakhir program KSGC, banyak startup yang berhasil membangun bisnisnya di Korea dan Asia Tenggara. Program 3,5 bulan mendukung startup secara finansial dan juga memberi mereka banyak peluang untuk terhubungan dengan perusahaan teknologi terkemuka, VC, mentor, dll. Startup yang bekerja di industri teknologi dapat melihat ke pasar yang lebih luas dan juga ekspansi ke Asia.

"Jika Anda sedang mengerjakan beberapa produk berteknologi tinggi, Korea adalah negara yang akan menghargai dan melindungi apa yang Anda kerjakan," kata Aykan Ekici, salah satu pendiri Khenda, juara KSGC 2021.

Khenda adalah startup asal Turki yang mengoperasikan platform analitik video berbasis AI yang membantu pabrik untuk meningkatkan efisiensi di lini produksi dengan menganalisis aktivitas manual.

Begitu juga dengan pendapat dari Shirley Vega, pendiri Glowsome Beauty. Startup ini merupakan salah satu tim terbaik di KSGC 2021. Ia menyebut banyak manfaat yang diraih salah satunya adalah akses ke mentor dan jaringan yang bagus.

"Kami dapat mengembangkan bisnis kami dan bertemu mitra dengan cara yang tidak dapat kami lakukan tanpa berada di bawah payung program ini. Manfaat lain adalah ruang kantor gratis dan fasilitas lainnya, seperti ruang pertemuan," kata dia.

Pada tahun ini, lima akselerator Korea sedang menunggu untuk membantu startup asing tumbuh di Korea - CNT Tech, Yozma Group Korea, Bigbang Angels, Pen Ventures, dan Nautilus Investment.

[faz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Digital Startup
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini