SpaceX Berhasil Orbitkan Dua Astronot NASA ke Luar Angkasa

Senin, 8 Juni 2020 18:04 Reporter : Indra Cahya
SpaceX Berhasil Orbitkan Dua Astronot NASA ke Luar Angkasa Peluncuran pesawat ruang angkasa SpaceX Falcon 9. ©2020 AFP/NASA TV

Merdeka.com - Agen antariksa swasta berbasis di AS SpaceX, sukses meluncurkan dua astronot NASA ke luar angkasa. Keduanya adalah Doug Hurley dan Bob Behnken.

hal ini menandai mengorbitya roket Falcon 9 besutan SpaceX dari Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade.

Mengutip laman The Guardian via Tekno Liputan6.com, peluncuran roket Falcon 9 dan kapsul Crew Dragon dari Kennedy Space Center Florida ke International Space Station (ISS) menandai pertama kalinya sejak 2011, manusia telah meluncur ke orbit dari tanah AS.

Doug Hurley dan Bob Behnken menuju ke ISS dalam perjalanan selama 19 jam. Roket Falcon 9 lepas landas di tempat yang sama, saat NASA terakhir kali membawa astronaut ke antariksa pada 2011.

"Ini semua adalah hal paling murni yang ditawarkan AS," kata Administrator NASA Jim Bridenstine kepada Forbes setelah peluncuran.

"Saat ini adalah masa yang sangat sulit. Tapi saya berharap saat ini adalah kesempatan bagi semua orang untuk merenungkan kemanusiaan dan apa yang bisa kita lakukan ketika kita bekerja bersama," sambung Bridenstine.

1 dari 1 halaman

Sempat Tertunda

Misi ini seharusnya berlangsung beberapa hari lalu, namun tertunda karena cuaca buruk. Faktor cuaca ini bahkan sempat membayangi jadwal peluncuran berikutnya, namun akhirnya diputuskan untuk berjalan.

"Ini adalah momen besar, di mana sudah 9 tahun sejak kami punya kesempatan besar seperti ini," kata Bridenstin menambahkan.

Sementara co-commander NASA Doug Hurley mengucapkan terima kasih atas keberhasilan SpaceX dalam misi ini.

"Terima kasih atas tumpangan manusia pertama untuk Falcon 9," kata Hurley dari dek penerbangan setelah Dragon mencapai orbit.

"Itu luar biasa ... menghargai semua kerja keras dan terima kasih atas perjalanan luar biasa ke ruang angkasa," tambahnya.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Iskandar [idc]

Baca juga:
Teknologi Pengenalan Wajah Pertemukan Ibu dan Anak yang Terpisah 3 Dekade
Asteroid Besar Akan Dekati Bumi, Bahaya?
Buktikan 'Bumi Istirahat,' NASA Dukung Studi Lingkungan Dampak Pandemi
NASA Bakal Bantu Tom Cruise Untuk Syuting Film di Luar Angkasa
Cara Membuat Magnet Lengkap dengan Penjelasannya, Sederhana dan Mudah Dilakukan
Astronom Berhasil Temukan Lubang Hitam Terdekat Dari Bumi, Ini Jaraknya!
Tiongkok Berhasil Daratkan Pesawat Ruang Angkasa, Siap Misi ke Bulan

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. NASA
  3. Sains
  4. Penelitian Luar Angkasa
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini