Sony luncurkan PlayStation VR, kacamata virtual reality termurah!

Rabu, 16 Maret 2016 12:05 Reporter : Bramy Biantoro
Sony luncurkan PlayStation VR, kacamata virtual reality termurah! Playstation VR. ©2016 Sony

Merdeka.com - Jika berbicara soal kacamata VR terbaik di pasaran, jawaban banyak orang bisa jadi adalah Oculus Rift yang kini jadi milik Facebook. Sayangnya, harga dari kacamata VR Oculus Rift sangat mahal sekitar Rp 8 jutaan. Nah, sebagai solusinya, Sony baru saja meluncurkan kacamata VR dengan harga jauh lebih 'miring'.

Kacamata VR baru Sony itu adalah PlayStation VR yang dibanderol dengan harga Rp 5, 2 juta saja. PlayStation VR sendiri untuk saat ini sepertinya hanya kompatibel dengan PlayStation 4. Tidak hanya dibanding Oculus, harga Playstation VR juga hanya setengah dari kacamata VR HTC.

Di sisi lain, harga yang murah ternyata memiliki 'resiko' tersendiri. PlayStation VR dijual tidak bersamaan dengan PlayStation Camera atau kontroler untuk memainkan game, sekaligus gamenya. Selain itu, Oculus Rift terbukti memiliki spesifikasi yang sedikit lebih baik dari PlayStation VR.

Namun, hal ini sepertinya tidak terlalu berdampak besar mengingat di luar sana sudah ada 36 juta perangkat PlayStation 4 yang pemiliknya sangat berpeluang membeli PlayStation VR. Menurut Forbes (15/03), pengalaman penggunaan PlayStation VR tidak jauh berbeda dari Oculus.

Untuk spesifikasinya, PlayStation VR hadir dengan latar OLED selebar 5,7 inci beresolusi 1920 x RGB x 1080 piksel. Luas bidang pandang dari PlayStation VR juga cukup luas, sekitar 100 derajat. Perangkat ini juga dilengkapi oleh sensor accelerometer dan gyroscope dengan koneksi HDMI dan USB.

PlayStation VR rencananya akan mulai dijual oleh Sony di bulan Oktober nanti. Untuk lebih jelas apa saja yang bisa dilakukan oleh PlayStation VR, simak video berikut ini.

[bbo]

Topik berita Terkait:
  1. Teknologi
  2. Game
  3. Playstation
  4. Sony
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini