Sonar ingin rajai analitik data sosial di Asia dan Timteng pada 2021

Senin, 24 Oktober 2016 06:00 Reporter : Syakur Usman
Sonar. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Sonar, platform analitik dan monitoring media sosial dan digital yang berbasis di Indonesia, berencana mengembangkan layanannya ke Filipina. Setelah itu, ekspansi berlanjut ke Singapura, Malaysia, dan Australia pada 2017. Sonar merupakan mitra kerja sama PT Telkom dan Microsoft.

"Setelah menguasai Indonesia, Sonar berencana menjadi pemimpin pasar di bidang analitik data sosial di Asia dan Timur Tengah pada 2021," ujar Amien Krisna, Founder dan CEO Sonar, dalam rilisnya, Jumat (21/10).

Amien Krisna menjelaskan produknya cukup beruntung karena diadopsi cukup awal oleh pemain besar di Indonesia, seperti operator XL Axiata dan Multibintang Indonesia, sejak diperkenalkan pada Januari 2014. "Saya menjadi developer pada 2002. Kemudian bekerja untuk situs e-commerce dan games saat itu, saya belajar banyak hal dalam waktu singkat. Bukan hal teknis saja, tapi juga bisnis digital yang terkenal saat itu," ujar dia.

Kata dia, Sonar menawarkan bantuan kepada perusahaan-perusahaan supaya bisa dengan mudah menemukan persepsi internet terhadap brand mereka, melakukan riset pasar langsung, dan menemukan tren di masing-masing industri. Apalagi jumlah data sosial lokal dan global yang sangat besar, mustahil digarap secara manual.

"Semakin banyak perusahaan yang aktif secara digital, meningkatkan kebutuhan untuk melakukan monitoring, analisis, dan mengumpulkan informasi penting. Bagian menarik dari Sonar adalah kemampuannya untuk menjelaskan apa yang sedang tren atau viral di satu industri. Para pemasar bisa memanfaatkan informasi ini untuk mendapat perhatian pasar yang lebih luas di dunia digital. Pada awal 2016, Sonar masuk ke program akselerator Indigo Telkom," ucapnya.

Sejak diluncurkan 2014, Sonar memiliki beberapa klien perusahaan besar di Indonesia, seperti Heinekin, Goodyear, XL Axiata, Pertamina, Bank Indonesia, AirAsia, dan lain-lain.

Bekerja sama dengan Twitter, Sonar mengumpulkan semua cuitan publik. Saat bersamaan pula, Sonar memindai Facebook, lebih dari 80 media, lima forum besar, dan blog. Ini untuk membantu Sonar mendapatkan gambaran holisitik tentang persepsi masyarakat untuk merek tertentu.

Di pasar global, Sonar bersaing dengan perusahaan seperti Brandtology, Radian6, dan Sysomos. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Digital Startup
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.