Snapdragon 845 akan jadi chipset 'high end' berteknologi 7 nanometer

Senin, 8 Mei 2017 12:17 Reporter : Indra Cahya
Snapdragon 845 akan jadi chipset 'high end' berteknologi 7 nanometer Quallcomm Snapdragon 821. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Qualcomm sudah terbukti menelurkan chipset papan atas Snapdragon 835 yang kini telah tersemat di Samsung Galaxy S8 dan juga Xperia XZ Premium. Namun tak ambil banyak rehat, kini Qualcomm akan segera mengembangkan lagi prosesor papan atas yang akan diberi nama Snapdragon 845.

Dilansir dari Phone Arena, prosesor ini akan berteknologi 7 nanometer, lebih canggih dari 10 nanometer yang diusung Snapdragon 835. Meski demikian, Qualcomm belum menunjuk siapa yang akan jadi pabrikan dari prosesor ini. Tahun lalu, Samsung adalah produsen Snapdragon 835. Namun tahun ini, hal tersebut akan direbutkan Samsung dan juga TSMC, produsen microchip asal Taiwan.

Teknologi 7 nanometer akan diaplikasikan juga di banyak prosesor tahun depan, mulai dari Kirim milik Huawei, MediaTek, serta Nvdia. Penurunan dari 10 nanometer seperti yang diusung SD835 ke 7 nanometer, akan meningkatkan performa sebanyak 25 persen hingga 35 persen. Hal ini juga akan menurunkan ukuran chip jadi lebih mikro, yang bisa dimanfaatkan untuk mereduksi ukuran perangkat yang mengusung Snapdragon 845.

Chipset ini akan diusung smartphone flagship papan atas seperti Samsung S9 dan beberapa produsen papan atas lain. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Qualcomm
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini