Snapdragon 845: 30 persen lebih hemat daya, koneksi super cepat, dukung video HDR 4K

Kamis, 7 Desember 2017 07:00 Reporter : Indra Cahya
Snapdragon 845: 30 persen lebih hemat daya, koneksi super cepat, dukung video HDR 4K Qualcomm Snapdragon 845. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Setelah resmi dirilis pada acara Qualcomm Tech Summit, kini di acara yang sama namun momen yang berbeda, Qualcomm menjelaskan bagaimana detil dari prosesor terbarunya, yakni Snapdragon 845.

Melansir Phone Arena yang mengutip pernyataan resmi Qualcomm, pertama-tama, Snapdragon 845 memiliki efisiensi daya 30 persen lebih baik ketimbang chip Qualcomm generasi sebelumnya, Snapdragon 835. Hal ini dipengaruhi oleh kartu grafis baru, yakni Adreno 630, yang menawarkan 30 persen grafis yang lebih baik video render, diimbangi dengan reduksi daya yang signifikan.

Selain kartu grafis Adreno 630, Snapdragon 845 juga terdiri dari CPU Kryo 385, Hexagon 685 yang merupakan prosesor sinyal digital, Spectra 280 ISP yang merupakan prosesor sinyal gambar, AQustic Audio yang merupakan prosesor audio, dan modem tercepat dari Qualcomm yakni X20 Gigabit LTE radio.

Menyoal modem, para provider telko di AS sendiri akan segera menaikkan kecepatan koneksinya ke tingkatan Gigabit LTE. Modem X20 ini mampu mendukung kecepatan koneksi hingga 1,2GBps, dan provider seperti AT&T, T-Mobile, dan Verizon akan menawarkan kecepatan tersebut.

Soal fitur imaging, Qualcomm Spectra 280 memungkinkan untuk mengambil gambar "Ultra HD Premium," di mana smartphone yang mengusung chipset ini mampu merekam video HDR 4K di 60fps. Selain itu, berkat prosesor ini, pengguna dapat mengambil video slow-motion dengan kualitas HD di 480fps.

Soal keamanan, Snapdragon 845 mendukung semua jenis metode otentikasi biometrik yang ada: seperti sidik jari, iris, suara serta wajah.

Dalam hal tenaga dan kecepatan, prosesor inti Kyro 385 memiliki empat inti 2.8GHz, yang akan membuat prosesor ini 25 persen lebih cepat dari sebelumnya, sertta empat inti sisanya yang diclock di 1.8GHz. Prosesor ini masih dibangun dengan teknologi 10 nanometer.

Terakhir, soal audio codec dari Qualcomm bernama AQustic yang menawarkan suara pemutaran dan perekama yang lebih baik.

Menurut Qualcomm, smartphone pertama yang dirilis menggunakan Snapdragon 845 akan segera muncul di awal 2018. Samsung, Xiaomi, LG, HTC, dan Sony akan jadi beberapa di antara yang pertama mengadopsi chip baru ini. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
  2. Qualcomm
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini