Smartwatch Adalah Jawaban Atas 'Penyakit' Kecanduan Smartphone, Efektif?

Senin, 2 September 2019 13:14 Reporter : Indra Cahya
Smartwatch Adalah Jawaban Atas 'Penyakit' Kecanduan Smartphone, Efektif? New Apple Watch. ©2018 cnet.com

Merdeka.com - Smartphone di zaman sekarang tak bisa dimungkiri merupakan kebutuhan primer manusia. Saat ini, gadget ini benar-benar tak bisa lepas dari kehidupan masyarakat.

Dalam kesehariannya, smartphone ini kita butuhkan untuk melakukan berbagai tugas produktif, baik pekerjaan ataupun hal lain. Serta smartphone merupakan perangkat yang penting bagi kita mengonsumsi konten hiburan, baik dari media sosial maupun aplikasi streaming.

Hal ini membuat kita tak bisa lepas dari smartphone. Di mana pun, smartphone tak bisa lepas dari kita, bahkan di kamar mandi sekalipun. Permasalahannya, hal ini terbukti membuat orang jadi kecanduan dan berisiko membahayakan hidup kita.

Kecanduan terhadap gadget dapat membuat orang lupa waktu, tempat, dan keadaan sekitarnya. Sebuah perangkat yang dibuat untuk kemudahan kita untuk produktif, justru membuat kita sama sekali tak produktif.

Solusi dari adiksi smartphone? Menurut Apple adalah smartwatch.

1 dari 2 halaman

Smartwatch Untuk Atasi Adiksi Teknologi

Adiksi teknologi adalah subjek yang jadi ketertarikan bagi perusahaan raksasa seperti Apple dan Google. Dalam kontribusinya menanggulangi hal tersebut, mereka menambahkan deret gadget tambahan untuk smartphone, agar pengguna bisa lebih mudah memonitor perilaku penggunaan perangkatnya.

Apple membawa fitur Screen Time di iPhone, yang memberi laporan yang menunjukkan berapa banyak waktu yang dihabiskan di suatu aplikasi. Di iOS 13 terbaru, akan ada sebuah fitur yang dapat membuat para orang tua mengontrol waktu bermain smartphone untuk anak dengan batas waktu, kategori aplikasi, hingga web yang bisa diakses. Google memiliki aplikasi serupa di Android bernama Digital Wellbeing.

Nah, secara spesifik, smartwatch adalah perangkat paling tepat untuk mengalihkan atensi kita dari smartphone. Pasalnya, seperti fitur yang dimiliki Apple Watch, aksesoris canggih ini akan melacak aktivitas Anda di iPhone dan mengingatkan ketika terlalu berlebihan.

Bahkan, salah satu pendiri Apple yakni Steve Wozniak menyebutkan bahwa dirinya sangat menyukai Apple Watch untuk mencegah dirinya terlalu candu dengan iPhone miliknya.

Melansir Bloomberg via Business Insider, ia hanya menggunakan komputer lalu Apple Watch untuk bekerja. Ia tidak menggunakan iPhone miliknya karena segala sesuatu telah terkoneksi ke kedua perangkatnya tersebut.

"Aku tidak ingin termasuk jadi orang yang kecanduan," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Cara Atasi Kecanduan Smartphone

Jika Anda merasa telah mengidap kecanduan smartphone pun, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Mulai dari hapus aplikasi. Pasalnya, salah satu yang membuat Anda kecanduan gadget adalah aplikasi di dalamnya, salah satunya adalah media sosial.

Kedua, Anda bisa matikan semua notifikasi. Hal ini karena terkadang, notifikasi yang menganggu datang kebanyakan dari aplikasi jejaring sosial. Jadi, Anda dapat menonaktifkan notifikasi jejaring sosial tersebut agar tidak 'gatal' membuka apa yang sedang terjadi di jejaring sosial.

Selain itu, Anda juga dapat mematikan gadget sebelum tidur karena tak jarang kebiasaan main HP sebelum tidur justru membuat insomnia. Berlakukan waktu bebas main smartphone juga penting agar kita bisa benar-benar terlepas dari perangkat smartphone dan fokus terhadap kegiatan yang sedang dilakukan. Kita hanya perlu mengaktifkan Airplane Mode di smartphone saat sedang bekerja, atau ketika melakukan kegiatan penting lainnya.

Mengganti gadget dengan buku adalah cara paling baik untuk mengatasi adiksi ini, karena hal ini menjauhkan kita dari ketakutan "FOMO", atau fear of missing out, atau takut ketinggalan sesuatu yang baru di media sosial. Hal ini sering jadi pelatuk kita untuk candu smartphone. Dengan membaca buku, kita akan dapat pengetahuan lain ketimbang sesuatu yang baru dan viral di dunia maya. [idc]

Baca juga:
Erajaya Buka Outlet Erafone Megastore 3.0
Sony Dilaporkan Bakal Luncurkan Xperia 2 di IFA 2019
Sistem Android Tak Akan Ada Lagi di Smartphone Huawei Mendatang?
EMUI Besutan Huawei Disebut Tak Sekadar UI Android
Pro Kontra Pengecasan Nirkabel di Smartphone, Butuhkah Anda?
Redmi Note 8 Resmi Diperkenalkan, Kamera 64MP Pertama di Dunia!
Huawei Mate 30 Pro Miliki Empat Kamera

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini