Semakin murah, smartphone semakin laris

Rabu, 29 Agustus 2012 13:59 Reporter : Ikhwan Arief Prihastian
Semakin murah, smartphone semakin laris Smartphone. ©2012 Clevergems.com

Merdeka.com - Smartphone semakin menjadi pilihan pengguna ponsel. Hal ini terlihat dari laporan penjualan handset di dunia yang saat ini dikuasai oleh smartphone. Berkebalikan dengan smartphone penjualan ponsel biasa semakin menurun di masa depan.

Laporan dari IHS iSuppli, sebuah firma penelitian pasar, mengatakan bahwa perkiraan penjualan smartphone pada 2013 mencapai 54 persen. Hal ini meningkat dibandingkan 46 persen pada tahun 2012 dan 35 persen pada 2011.

Salah satu penyebab meroketnya penjualan smartphone adalah penurunan harga smartphone yang semakin meluas. Pada masa lalu smartphone identik dengan harga yang tinggi. hal ini menyebabkan jumlah pembeli smartphone yang relatif kecil. Harga menjadi faktor utama peningkatan penjualan smartphone.

Saat ini produsen smartphone berlomba menggelontorkan produk baru dalam jangka waktu yang relatif singkat. Hal ini menyebabkan harga smartphone semakin turun dari waktu ke waktu. Harga smartphone saat ini telah dapat dijangkau oleh sebagian besar konsumen.

Laporan dari IHS tersebut juga mencatat bahwa penjualan ponsel fitur (berkamera dan memiliki kemampuan akses web) juga akan semakin menurun. Pada tahun lalu ponsel fitur yang terjual sebanyak 46 persen akan turun menjadi 41 persen pada tahun ini. Pada 2016 ponsel fitur diperkirakan hanya terjual 28 persen. Sedangkan ponsel murah tahun ini diperkirakan terjual 14 persen dan turun menjadi 4,2 persen pada 2016.

Dalam segi merk, Samsung menjadi penguasa pasar ponsel di dunia. Raihan Samsung ini menyalip Nokia yang berada di urutan kedua dan Apple di urutan ketiga. [ikh]

Topik berita Terkait:
  1. Smartphone
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini