Smartphone mulai gerus pasar DSLR

Selasa, 12 November 2013 02:05 Reporter : Alvin Nouval
Smartphone mulai gerus pasar DSLR Samsung Galaxy S4 Zoom. © Stuff.tv

Merdeka.com - Maraknya peredaran smartphone dengan kamera kelas atas ternyata sudah tidak bisa dipandang sebelah mata. Tercatat, produk ini mulai menggerus keberadaan kamera profesional.

Seperti yang dilansir oleh Android Community (10/11), pertumbuhan eksponen smartphone yang mengikutsertakan fitur fotografi kelas atas menurut sebagian besar orang telah memperlambat pertumbuhan aplikasi kamera digital. Bahkan, keberadaan DSLR pun juga mulai terusik dengan produk ini.

Tercatat, Canon dan Nikon yang merasakan adanya dampak negatif dari makin banyaknya produk smartphone dengan kamera ciamik ini. Keduanya pun dengan pasrah menurunkan prakiraan pendapatan untuk tahun fiskal ini.

Hal serupa juga dialami oleh pabrikan lensa third-party seperti Tamron. Mereka tercatat mengalami penurunan sebanyak 22 persen dalam hal penjualan lensa sejak Januari ini.

Dalam hal kualitas sendiri, meskipun dibekali kamera kelas atas, smartphone diyakini takkan mampu mengalahkan DSLR atau kamera Mirrorless sekalipun. Namun, dalam hal kenyamanan dan kemudahan, smartphone menang dari kamera konvensional. Oleh karenanya, kemudian banyak juga yang memilih smartphone dengan kamera bagus ketimbang memiliki keduanya secara terpisah.

Jika begini keadaannya, maka bisa jadi pabrikan kamera akan merugi. Tidak hanya kamera kelas bawahnya yang terancam tak laku, pembeli kamera kelas atas pun bisa mangkir jika disodori smartphone berkamera kelas atas dari produsen lain. [nvl]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Smartphone
  3. Fotografi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini