KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Smartphone menjadi penyebab utama susah konsentrasi di jalan

Kamis, 6 Agustus 2015 18:06 Reporter : Larensi Mahligai Mustika Rani
Ilustrasi beraktivitas dengan seluler ketika berkendara. © Examiner.com

Merdeka.com - Sebuah studi baru mengungkapkan statistik yang mengkhawatirkan mengenai penyebab terganggunya konsentrasi pengendara kendaraan bermotor pada kalangan remaja. Lagi-lagi, perangkat smartphone menjadi penyebab paling besar pengendara mengalihkan perhatian saat sedang berkendara.

Sebanyak 88 persen remaja yang menganggap dirinya sebagai pengendara yang aman, mengakui menggunakan aplikasi smartphone di jalan raya. Aplikasi smartphone yang paling banyak mengalihkan adalah media sosial.

Selain aplikasi media sosial yang mengganggu pengendara remaja, 37 persen remaja yang di survei mengaku pernah mengirim SMS saat berkendara kendaraan. Survei tersebut dilakukan oleh Liberty Mutual Insurance dan Students Against destructive Decisions (SADD) yang melibatkan 1.622 siswa kelas 11 dan 12 di berbagai negara.

"Para remaja akan lebih berisiko ketika berkendara kendaraan bermotor karena mereka sangat mengandalkan perangkat elektronik mereka (smartphone). Hal tersebut dapat mengganggu konsentrasi saat berkendara," ujar Dr William, Ph.D, ilmuwan di Liberty Mutual Research Institute for Safety.

Untuk menimbulkan kesadaran kepada remaja dalam berkendara, peran orang tua juga sangat diperlukan agar anak mereka mengetahui bahayanya pengaruh aplikasi smartphone di jalan.

"Remaja akan mempunyai risiko lebih tinggi, karena mereka tidak selalu siap menangani semua keruwetan di jalan raya. Gangguan tersebut mungkin juga disebabkan karena kelelahan dan kurangnya pengalaman berkendara. Ini sangat penting bagi para orang tua untuk membicarakan dengan anaknya tentang keamanan yang baik saat berkendara," tambah Dr William. [lar]

Topik berita Terkait:
  1. Penelitian
  2. Teknologi
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.