Smartphone Ini Tak Cuma Alternatif iPhone, Namun Juga Ramah Lingkungan!

Rabu, 4 September 2019 14:33 Reporter : Indra Cahya
Smartphone Ini Tak Cuma Alternatif iPhone, Namun Juga Ramah Lingkungan! Fairphone 3. ©2019 android PIT

Merdeka.com - Jika Anda adalah orang yang mendukung konsep hijau dan ramah lingkungan, smartphone ini cocok untuk Anda.

Ialah Fairphone. Ini adalah ponsel cerdas yang didesain dan diproduksi dengan dampak lingkungan yang minimal. Perusahaannya berbasis di Amsterdam, Belanda.

Fairphone juga bertekad untuk mengembangkan perangkat yang tidak mengandung mineral yang diambil di area konflik, seperi emas, timah, tantalum, serta tungsten. Mineral ini bisa dengan mudah kita temukan di deretan smartphone papan atas.

Nah, Fairphone pertama rilis pada 2013 lalu, namun yang mulai jadi perbincangan adalah Fairphone 2 yang rilis 2016 lalu. Ini adalah smartphone modular pertama di dunia, yang disebut mudah untuk diperbarui onderdilnya dan direparasi. Sehingga, tak perlu gonta-ganti.

1 dari 2 halaman

Fairphone 3

Di 2019 ini, kembali rilis Fairphone 3. Smartphone ini mengusung konsep yang juga modular sehingga mudah digonta-ganti.

Soal spesifikasi, Fairphone 3 mengusung prosesor Snapdragon 632, storage 64GB, layar 5,7 inci dengan resolusi 2160x1080, kamera 12MP, kamera selfie 8MP, serta Android 9.

Mungkin smartphone ini susah berkompetisi dengan iPhone secara spesifikasi, namun jika Anda hobi utak-atik smartphone, Fairphone adalah pilihan utama. Ketika mengganti baterai iPhone butuh merogoh kocek tinggi, Fairphone justru sebaliknya karena bahkan membuka panelnya bisa kita lakukan sendiri.

2 dari 2 halaman

Ramah Lingkungan

Tidak ada aksesori mewah yang diberikan ketika Anda membeli Fairphone 3. Tidak ada kabel charger, tidak ada earphone, dan tak ada casing. Pasalnya, ini adalah tekad Fairphone untuk mengurangi sampah elektronok.

Diasumsikan Anda telah memiliki deretan barang itu dan bisa dimanfaatkan untuk digunakan kembali di Fairphone.

Selain menggunakan bahan yang melimpah produksinya dan beberapa bahan daur ulang, Fairphone juga menerapkan praktik tenaga kerja buruh yang adil. Para pekerja perakit Fairphone diperlakukan sesuai kebijakan tenaga kerja dan mendapatkan sesuai hak mereka.

Hal ini berkebalikan dengan deretan kasus yang sering menimpa Foxconn, mulai dari soal overwork hingga pekerja magang yang upahnya tak sesuai jam kerja.

Bahkan, ketika Anda melakukan tukar tambah ponsel lama, Fairphone akan memberi cashback sebagai dukungan terhadap program daur ulang untuk kurangi sampah elektronok.

[idc]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini