SIM virtual, teknologi yang telah diprediksi akan muncul

Rabu, 19 April 2017 13:32 Reporter : Fauzan Jamaludin
SIM virtual, teknologi yang telah diprediksi akan muncul Logo Xiaomi. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Xiaomi baru saja mengumumkan membawa layanan internetnya ke Indonesia yakni Mi Roaming. Mi Roaming ini tersedia untuk perangkat Redmi 3S, Redmi Note 3, dan Redmi Note 4, dan rencananya akan juga tersedia bagi perangkat lainnya dalam waktu dekat.

Sederhananya, Mi Roaming ini pengguna Xiaomi yang pergi ke luar negeri tak perlu ganti kartu SIM Card. Mereka bisa semacam "membeli" kartu sim card virtual dengan tarif yang tertera dan bisa akses internet di sana. Hanya saja, pihak Xiaomi tidak menjelaskan secara rinci bagaimana proses bisnis dan kerja Mi Roaming ini.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara pun angkat bicara soal hal ini. Dia akan mengecek detail dari Mi Roaming yang baru saja dirilis di Indonesia. Meski begitu, terobosan Xiaomi dengan layanan SIM card virtual memang sebuah keniscayaan.

"Nanti saya cek dulu. Karena kan SIM Card itu terkait dari operator sehingga merupakan identifikasi. SIM Card itu kan yang penting IMEI-nya nomornya. Berarti virtualnya itu IMEI-nya bukan fisik. Kalau menurut saya, kecenderungan di dunia itu IMEI akan virtual dan yang saya dengar menjadi sesuatu yang akan tren ke depannya," kata dia saat ditanya awak media di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Selasa (18/4).

"Kalau itu virtual, ongkos operator selular bakal lebih murah. Karena kan gak ada fisik SIM Cardnya hanya nomor. Nomor itu penting karena harus teregistrasi. Kalau virtual IMEI yang saya dengar itu, menjadi sesuatu yang akan tren ke depannya," tambahnya.

Mi Roaming secara perdana diluncurkan pada tahun 2015 di Tiongkok dan telah digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna MIUI, sistem operasi berbasis Android milik Xiaomi. Melalui Mi Roaming, MIUI membuat kartu SIM lokal virtual berdasarkan lokasi terbaru pengguna yang akan memungkinkan mereka untuk mengaktifkan mobile data dengan harga yang terjangkau tanpa perlu berpindah operator.

Saat peluncuran, Mi Roaming mendukung 50 negara dan wilayah, termasuk Indonesia, Hongkong, Macau, Taiwan, Jepang, Korea, Singapura, Malaysia, Thailand dan 42 negara Eropa. Paket data unlimited dapat dibeli dengan harga yang sangat kompetitif mulai dari Rp 27.000 hingga Rp 100.000 per hari.

"Kami senang dapat membawa Mi Roaming kepada pengguna Xiaomi di Indonesia. Paket data yang sangat terjangkau akan memungkinkan pengguna untuk dapat terus terhubung tanpa perlu khawatir tentang biaya paket data yang tinggi saat bepergian ke luar negeri," ujar Steven Shi Yan, Head of Southeast Asia, Country Head of Indonesia, Xiaomi. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Gadget
  2. Xiaomi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini