Setelah 15 tahun, Wikipedia akhirnya tembus 5 juta artikel

Senin, 2 November 2015 13:02 Reporter : Bramy Biantoro
Setelah 15 tahun, Wikipedia akhirnya tembus 5 juta artikel Wikipedia. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Siapa yang tak kenal Wikipedia? Situs berbagi informasi ini telah menjadi 'rujukan' pelajar SD sampai anak kuliahan. Dan setelah satu setengah dekade, akhirnya koleksi artikel Wikipedia tembus 5 juta.

Seperti yang ditulis oleh blog resmi Wikipedia, Wikimedia (01/11), capaian ini berhasil diukir oleh Wikipedia berbahasa Inggris. Artikel ke-5 juta Wikipedia adalah 'Persoonia terminalis', sejenis tumbuhan perdu dari keluarga Proteaceae asli Australia.

Artikel tersebut ditulis oleh Cas Liber, editor asal Australia yang sampai saat ini sudah menciptakan 1.500 artikel. Liber juga berkontribusi atas 140.000 penyuntingan artikel.

Meski sudah memiliki 5 juta artikel, Wikipedia belum puas. Menurut perhitungan mereka, dibutuhkan setidaknya 100 juta artikel untuk memenuhi semua kebutuhan manusia akan ilmu pengetahuan. Selain itu, masih banyak artikel koleksi Wikipedia yang membutuhkan penyuntingan agar bisa menampilkan informasi yang lebih akurat dan berbobot.

Wikipedia sendiri adalah situs yang masuk dalam daftar 35 website paling banyak dikunjungi di dunia buatan organisasi non-profit. Jumlah total artikel mereka mencapai kapasitas 30 terabyte dan terdiri dari 2,5 miliar kata. Tak mengherankan bila per harinya Wikipedia bisa menarik satu miliar page-view. [bbo]

Topik berita Terkait:
  1. Internet
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini