Sepekan penerapan Kerja dan Belajar dari Rumah Trafik Data XL Naik 10 Persen

Senin, 23 Maret 2020 14:36 Reporter : Fauzan Jamaludin
Sepekan penerapan Kerja dan Belajar dari Rumah Trafik Data XL Naik 10 Persen BTS 4G XL. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - I Gede Darmayusa, Plt Chief Technology Officer XL, mengatakan, selama seminggu diberlakukannya belajar dan bekerja dari rumah, terjadi peningkatan trafik internet XL dan perubahan perilaku konsumennya.

"Secara harian naik 10-11 persen dibandingkan hari normal. Yang biasa dikantor sekarang mereka melakukan itu (WFH-red). Belajar dan bekerja dari rumah ini yang memberikan kontribusi paling tinggi untuk internet," kata dia saat konferensi pers secara online, Senin (23/3).

Berdasarkan lokasi, lanjut Gede, selain Jabodetabek, trafik data yang meningkat secara signifikan juga terjadi di Kabupaten Barru 19 persen, Kabupaten Bulukumba 18 persen, Kab Pinrang 18 persen di Provinsi Sulawesi Selatan, serta di Provinsi Sumatera Utara di Kab Labuhan Batu Selatan sebesar 16 persen dan di Kab Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat sebesar 15 persen.

Seiring dengan terus menyebarnya virus Covid-19 ke berbagai daerah, XL Axiata juga siap menjaga performa jaringan di seluruh wilayah layanan. Hingga akhir tahun 2019, kekuatan jaringan XL Axiata ditopang oleh total lebih dari 130.000 BTS, termasuk lebih dari 40.000 BTS 4G di 425 kota/kabupaten. Fiberisasi jaringan telah terlaksana lebih dari 50% dari total BTS yang berada di berbagai provinsi di Indonesia.

1 dari 1 halaman

Belum Ada Penambahan Kapasitas

Gede menambahkan, hingga sepekan terakhir, pihaknya belum menambah kapasitas jaringan yang ada karena memang sudah dipersiapkan untuk bisa menampung kenaikan trafik hingga 2x dari trafik hari normal.

Meski demikian, opsi untuk meningkatkan kapasitas selalu terbuka kapan saja dengan menyesuaikan pada kebutuhan pelanggan. Selain itu, XL Axiata juga siap menjaga kualitas jaringan dengan mengerahkan semua kemampuan seperti layaknya saat menghadapi lonjakan trafik Lebaran.

"Beberapa langkah di antaranya adalah mengerahkan mobile BTS (MBTS) untuk lokasi-lokasi yang memerlukan, juga melakukan rekayasa pengalihan trafik ke jaringan yang lebih longgar," ungkapnya.

[faz]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Covid 19
  3. Internet
  4. XL Axiata
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini