Semua Produk 'Made By Google' Kini Menggunakan Material Daur Ulang

Selasa, 3 November 2020 12:14 Reporter : Indra Cahya
Semua Produk 'Made By Google' Kini Menggunakan Material Daur Ulang Google Pixel 5. ©2020 Google

Merdeka.com - Sejak tahun lalu Google telah berkomitmen untuk memproduksi produk Made By Google besutannya dengan material daur ulang. Hal ini ditargetkan akan terjadi sepenuhnya di 2022.

Made By Google sendiri mencakup beberapa produk seperti smartphone Pixel, laptop Pixelbooks, speaker Google Home, perangkat rumah cerdas Nest, hingga aksesori seperti casing Pixel dan juga charger.

Akhirnya seperti dilaporkan The Verge, Google mencapai tujuannya lebih cepat, yakni semua produk Pixel dan Nest terbaru akan dirancang menggunakan bahan daur ulang.

Menurut arsitek sistem keberlanjutan Google David Bourne, produk tersebut belum sepenuhnya terbuat dari bahan daur ulang, namun setidanya ada bahan daur ulang dalam produknya.

Beberapa contohnya adalah cover belakang Pixel 5 dibuat dari 100 persen alumunium daur ulang. Selain itu, Nest Audio menggunakan 70 persen plastik daur ulang dan penutup kain ramah lingkungan. Selain itu di Termostat Nest, pelat dekorasinya menggunakan plastik daur ulang pasca-konsumen.

Hal ini tak cuma jadi misi Google, namun juga mendorong mitra rantai pasokan untuk berinvestasi dan mengembangkan jenis bahan yang lebih ramah lingkungan.

September lalu, Google mengatakan bahwa pihaknya memiliki misi bebas karbon pada 2030, dan telah mengganti kerugian karbon untuk emisinya karbon dioksida yang diproduksi sejak berdirinya Google di 1998. Hal ini delakukan dengan cara mengimbangi emisi yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil dengan investasi dalam energi terbarukan.

Selain itu Google juga berkomintmen untuk menggunakan setidaknya 50 persen bahan daur ulang dari semua plastik yang digunakan untuk hardware Google pada 2025. Juga di tahun yang sama, Google akan membaut kemasan produknya bebas plastik dan 100 persen dapat didaur ulang.

Baca Selanjutnya: Upaya Apple...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini