KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Selang 2 hari, sudah 700 situs lokal daftar di KlikIndonesia

Minggu, 16 Desember 2012 17:50 Reporter : Dwi Andi Susanto
KlikIndonesia © 2012 Merdeka.com/sapto anggoro

Merdeka.com - Terhitung sampai dengan Minggu (16/12) siang, jumlah pemiliki situs konten internet Indonesia semakin bertambah. Konten-konten tersebut meliputi banyak hal.

Sesaat setelah dideklarasikannya gerakan untuk memajukan konten internet Indonesia, KlikIndonesia, banyak pemilik situs dengan konten lokal yang berbondong-bodong mendaftar. Pada hari Jumat (14/12) saja, sebanyak 600 penyedia konten lokal sudah mendaftarkan situs mereka di KlikIndonesia.co.id atau KlikIndonesia.org.

Hanya berselang 2 hari saja, jumlah tersebut sudah mencapai 700 website yang telah mendaftar. Konten-konten yang masuk mulai dari konten social media, forum, berita, games, blog, perusahaan dan promosi.

"Gelombang gerakan KlikIndonesia ini tak bisa dihentikan," kata Henri Kasyfi Soemartono, selaku ketua KlikIndonesia.

Dengan cepat bertambahnya situs-situs dengan konten lokal yang mendaftar tersebut dapat diartikan bahwa gerakan ini memang telah lama dinantikan. Henry menambahkan bahwa apresiasi masyarakat akan dideklarasikannya KlikIndonesia ini mencerminkan semangat cinta tanah air, cinta Indonesia dan nasionalisme masyarakat Indonesia terhadap kebangkitan konten internet Indonesia yang tinggi sekali.

Untuk saat ini memang masih banyak situs lokal yang menggunakan server luar negeri, bahkan ada juga situs asing yang lolos terdaftar. Namun, ke depannya akan dilakukan penyaringan sekali lagi. Pengurus KlikIndonesia juga sudah banyak mendapat tawaran kerjasama untuk sama-sama membesarkan konten Indonesia dari berbagai daerah. Beberapa surat yang masuk lainnya mengundang untuk memberikan pelatihan tentang konten.

KlikIndonesia memang bukan koperasi, asosiasi, atau kumpulan pengusaha internet, gerakan ini berasal dari kumpulan orang yang beda-beda latar belakang namun memiliki kesamaan pandangan tentang konten internet Indonesia, yang selama ini salah kaprah bangga dengan konten asing dan ternyata menghabiskan nilai ekonomi yang luar biasa ke luar negeri. Kumpulan ini hanya merupakan gerakan moral, untuk sama-sama menyadari bahwa konten Indonesia di internet itu sangat penting.

"Ini bukti bahwa gerakan yang dibangun oleh komunitas lebih terasa manfaatnya dan mendapat respon positif," jelas Henry.

Penggerak KlikIndonesia yakin bahwa di Indonesia sendiri cukup berlimpah jagoan-jagoan konten Indonesia yang menjadi andalan pemain konten-konten asing. Dengan diadakannya gerakan ini, maka nantinya akan ada suatu kesadaran moral agar anak-anak bangsa tersebut lebih membantu mengembangkan konten Indonesia daripada konten luar.

Selain itu, KlikIndonesia juga mengajak para pakar konten dan bisnis konten untuk bahu-membahu membuat kerjasama sinergis dalam upaya memberikan pelatihan konten ke berbagai daerah. Dengan pelatihan atau workshop intensif itu, diyakini akan lahir tidak hanya pengembang konten nasional saja, akan tetapi juga entrepreneur konten Indonesia seperti Mark Zuckerberg.

Setelah terstruktur dan ditata lebih sistematis lagi, KlikIndonesia akan melakukan pemeringkatan konten yang berdasarkan pada pemakaian domain, pemanfaatan infrastruktur, juga pendirian perusahaannya apabila diperlukan.

Konten-konten yang bagus, nantinya selain akan menduduki peringkat yang bagus, oleh perkumpulan KlikIndonesia akan diberikan kesempatan untuk mengikuti pameran. Sehingga diharapkan dalam pameran tersebut, akan diketahui oleh masyarakat bagaimana latar belakang dan cerita susah payahnya membangun konten tersebut.

"Bukan tidak mungkin mereka akan mendapatkan investor," tambah Henri yang bangga bila gerakannya menjadi bagian dari bisnis agregator.

Tujuan lainnya adalah dengan menggunakan perusahaan Indonesia maka secara otomatis keuntungan negara dalam hal pajak akan meningkat dan juga menaikkan produk domestik bruto serta dapat memangkas jumlah pengangguran yang terus membengkak sampai saat ini.

Penggunaan domain Indonesia juga memiliki peran yang cukup positif karena hal tersebut merupakan tanda cinta dan bangga akan jati diri negeri sendiri. Apabila sudah banyak konten Indonesia yang diakses baik dari dalam maupun luar, maka otomatis trafik internet di negara ini juga akan tinggi. [das]

Topik berita Terkait:
  1. Internet

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.