Selain berkendara, gunakan ponsel saat jalan kaki juga berbahaya

Jumat, 2 Agustus 2013 13:42 Reporter : Dwi Andi Susanto
Selain berkendara, gunakan ponsel saat jalan kaki juga berbahaya Menggunakan ponsel ketika berjalan kaki juga berbahaya © Inhell9.veritise.com

Merdeka.com - Tidak hanya ketika mengendarai kendaraan bermotor, melakukan aktivitas dengan gadget ketika sedang berjalan kaki juga menimbulkan risiko.

Kecelakaan memang dapat terjadi kapan dan di mana atau juga dialami siapa saja. Bentuk atau penyebab dari kecelakaan tersebut juga bermacam-macam.

Akhir-akhir ini, yang paling mendapatkan sorotan di banyak negara adalah kecelakaan akibat penggunaan telepon genggam ketika sedang berkendara.

Namun, ternyata tidak hanya penggunaan perangkat mobile saja yang dapat mengakibatkan kecelakaan, dikutip dari National Geographic (31/07), menurut suatu data statistik yang dibuat oleh para peneliti dari The Ohio State University, terungkap bahwa beraktivitas dengan menggunakan perangkat mobile ketika sedang berjalan dapat membahayakan penggunanya atau orang lain di sekitarnya.

Dalam data tersebut menyebutkan bahwa kecelakaan akibat penggunaan perangkat mobile ketika berjalan kaki di Amerika Serikat tercatat sekitar 1.506 kasus pada tahun 2010 lalu. Bahkan beberapa di antaranya harus dirawat di ruang gawat darurat atau (UGD).

Hal tersebut memang masuk akal karena seperti halnya menggunakan gadget ketika sedang mengendarai kendaraan bermotor, berjalan kaki dengan mengoperasikan perangkat mobile akan mengurangi sisi fokus pada jalan yang sedang dilalui.

Ketika fokus dalam melangkah tersebut sudah berkurang maka arah kaki dan tubuh justru tidak terkontrol dan dapat menabrak atau juga ditabrak orang atau kendaraan lain.

So, gunakanlah perangkat mobile di tempat dan waktu yang tepat agar tidak menimbulkan celaka baik bagi pengguna atau orang lainnya. [das]

Topik berita Terkait:
  1. Teknologi
  2. Smartphone
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini