Sektor enterprise Telkom sasar program strategis Jokowi

Kamis, 16 April 2015 16:40 Reporter : Fauzan Jamaludin
Sektor enterprise Telkom sasar program strategis Jokowi Telkom. © Itwire.com

Merdeka.com - Tahun ini PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melebarkan sayap bisnis untuk enterprise-nya ke segmen pemerintahan.

Hal ini seperti yang dikatakan oleh Direktur Enterprise and Business Services Telkom Muhammad Awaluddin. Menurutnya, fokus bisnis yang dikembangkan Telkom di lini enterprise ini merupakan dukungan terhadap konsep ICT yang sering didengungkan oleh Presiden RI Jokowi.

"Kalau kita bicara bisnis entrprise, Telkom melebarkan bisnisnya ke sektor government. Karena pemerintahan Pak Jokowi konsennya tinggi sekali ke ICT. Apalagi pemerintah sudah mengeluarkan Perpres 96/2014 tentang Rencana Pita Lebar. Jadi, kita berikan perhatian lebih ke sektor ini. Nanti kita akan dukung program e-pemerintahan, e-kesehatan, e-pendidikan, e-logistics, dan e-procurement agar pengelolaan pemerintah lebih didukung TIK," ungkapnya di Jakarta, (16/04).

Beberapa program strategis pemerintah di era Jokowi sepenuhnya Telkom mendukung. Seperti halnya rencana pemerintah untuk mewujudkan poros maritim. "Kita support dengan namanya Marine Connectivity dalam bentuk broadband port. 2014 akhir sudah meresmikan 6 broadband port versi Telkom," ungkapnya.

Wujud broadband port ini seperti pembangunan infrastruktur fiber optic, WiFi, dan mobile broadband. Enam broadband port versi Telkom ini di antaranya berada di Medan, Batam, Tanjungpriok Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Sorong.

"Tahun ini sejalan dengan program pemerintah, kami juga fokus dengan 18 pelabuhan lain, yang sekarang sedang berjalan. Ini terkait juga dengan program pemerintah. Nanti totalnya di 2015, ada 24 broadband port. Indikator broadband port ini berbasis pita lebar," jelasnya.

Terlepas dari itu, Awal mengungkapkan jika secara kontribusi ke direktorat yang dipimpinnya itu, segmen Enterprise masih dominan yakni akan berkontribusi sekitar 58 persen, setelah itu segmen government 22 persen, dan UKM berkisar 20 persen. "Tapi kalau kontribusi untuk Telkom Group, kita targetkan tahun ini 11 persen dari total target pendapatan Telkom Rp 100 triliun," katanya. [dzm]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. PT Telkom
  3. Telco
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini