KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Sekolah miskin manfaatkan bus sekolah untuk layanan Wi-Fi

Rabu, 17 Februari 2016 10:03 Reporter : Indra Cahya
Bus sekolah yang dilengkapi Wi-Fi. © theregister.co.uk

Merdeka.com - Sekolah yang kekurangan dana, tak selalu kekurangan teknologi. Di Amerika Serikat, sekolah miskin justru punya program IT yang diakui nasional.

Dilansir dari The Register (10/2), sebuah bus sekolah yang dilengkapi dengan antena LTE dan Wi-Fi hotspot, siap untuk menyediakan akses internet bagi siswa sekolah di sela-sela lalu lintas sehari-hari. Di antara kurangnya akses internet, barang sehari-hari pun ternyata bisa dimodifikasi dan dimanfaatkan demi tak tertinggalnya informasi bagi siswa sekolah.

Sekolah yang mengembangkan bus tersebut adalah sebuah sekolah distrik bernama Coachella Valley Unified School District, yang berlokasi di sebelah timur Los Angeles. Sebuah area distrik khusus yang hanya berisi sekolah dari tingkat SD hingga tingkat SMP.

Kawasan yang luasnya lebih dari 2000 kilometer persegi dan terletak di area pedesaan ini, punya lebih dari 20.000 siswa dari golongan menengah ke bawah. Para siswa di sana memang menggunakan bus untuk sarana transportasi setiap hari, di mana mereka melakukan perjalanan sekitar 2 jam untuk berangkat ke sekolah.

Tentu di area pedesaan, koneksi internet adalah hal yang langka. Ketika program pemerintah Amerika Serikat berjalan dan sekolah mulai memberikan fasilitas tablet sebagai penunjang proses belajar, pengelola sekolah menyadari bahwa perangkat tablet tersebut sulit dipakai di luar area sekolah.

Dari sini ide untuk memodifikasi bus sekolah muncul. Program yang diberi nama "Wi-Fi on Wheels" ini dilengkapi dengan panel surya untuk mengisi daya baterai. Bus ini sengaja ditempatkan dekat pemukiman warga di daerah distrik.

Di waktu tertentu, 10 bus sekolah dikerahkan ke berbagai daerah di seluruh wilayah distrik. Coachella Valley Unified pun berharap akan lebih banyak lagi 'kendaraan hot spot' yang bisa disediakan, meski dari sumbangan ataupun dari bus bekas. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Internet
  2. Amerika Serikat
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.