TekStory

Sejarah perkembangan email dari masa ke masa

Senin, 29 Juli 2013 15:07 Reporter : Feronika Azmil
Sejarah perkembangan email dari masa ke masa Ilustrasi email. ©shutterstock.com/ra2 studio

Merdeka.com - Electronic mail, atau yang lebih akrab dikenal sebagai email atau e-mail adalah metode pengiriman pesan digital yang dapat ditujukan ke lebih dari satu pengirim. Kini email lekat dengan kehidupan sehari-hari manusia modern.

Namun tahukah Anda siapa penemu email dan dari mana email berasal? Berikut adalah sejarah singkat mengenai email.

Dilansir dari Net History, email sebenarnya sudah digunakan sebelum APRAnet atau internet digunakan secara luas. Cara kerja email pertama sangatlah sederhana, user komputer hanya meletakkan pesan di user komputer lain, seperti meninggalkan pesan di meja orang lain, yang kini disebut file directory.

Namun pada saat itu, email hanya dapat dikirim dan diterima oleh satu jaringan komputer saja dalam rangkaian LAN (Local Area Network). Pada tahun 1971, Raymond Tomlinson, programmer asal Amerika mulai menggunakan simbol @ sebagai penghubung email.

Sejak saat itu, standar penggunaan email menjadi nama_pengguna@nama_komputer. Disusul kemudian penemuan software untuk pengaturan email pada tahun 1975 oleh John Vital. Sejak beberapa tahun setelahnya, email kemudian memenuhi lalu lintas internet hingga 75 persen.

Pada perkembangannya email mulai mengadopsi fitur-fitur yang lebih rapi. Salah satu sistem email komersial pada saat itu adalah Eudora, yang dikembangkan oleh Steve Dorner pada tahun 1988. Namun pada saat itu, pengguna email harus membayar layanan tersebut per menit.

Bersama dengan penemuan World Wide Web oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991, email mulai tersedia secara gratis dengan antar muka web yang lebih ramah oleh beberapa penyedia layanan email seperti Yahoo dan Hotmail.

Sumber: Nethistory.info, Mashable.com, Wikipedia.com

[fra]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Teknologi
  3. Jakarta
  4. TekStory
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini