KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Seberapa mahal iPhone X di Indonesia nanti? Ini prediksinya!

Kamis, 14 September 2017 14:05 Reporter : Indra Cahya
iPhone X. ©2017 twitter.com/MKBHD

Merdeka.com - Salah satu pertanyaan terkait rilisnya iPhone X adalah apakah perangkat tersebut layak dihargai 1000 dollar. Namun pertanyaan tersebut sebenarnya bisa jadi salah, pasalnya harga tersebut jadi jauh lebih mahal di luar AS.

Berbagai hal seperti valuasi kurs, biaya impor, pajak penjualan lokal, dan beberapa aspek lain, di luar Amerika Serikat harga iPhone akan meningkat secara signifikan.

Melansir Business Insider yang pada Mei lalu mengutip daftar negara termahal untuk membeli iPhone 7 buatan Deutsche Bank, kita bisa membuat perkiraan harga iPhone di beberapa negara.

Harga iPhone X sendiri memang belum dirilis di luar AS, jadi mari kita coba memprediksi harganya menggunakan harga 'markup' yang dibanderol untuk menjual iPhone 7 di suatu negara berdasar daftar dari Deutsche Bank.

Berikut daftarnya.

Daftar harga iPhone 7 di berbagai negara ©2017 Merdeka.com

Dari sini, yang termahal untuk membeli iPhone 7 adalah Turki, di mana harga iPhone 7 128GB adalah 1200 dollar. Angka tersebut menjadikan iPhone 7 di Turki 147 persen markup dari harga asli di AS.

Jika Anda hidup di Turki, mungkin Anda akan mendapatkan iPhone X dengan harga 1500 dollar, atau hampir 20 juta Rupiah!

Nah mari kita bandingkan dengan Indonesia. Di Indonesia tidak ada Apple Store, dan mungkin iPhone X akan masuk melalui distributor resmi Indonesia yang biasanya adalah reseller ponsel atau provider telekomunikasi.

Berita baiknya, harga iPhone 7 di Indonesia tidak semahal di Turki, meski tidak melalui Apple Store dan sama-sama resmi. Berita buruknya, harga iPhone 7 di Indonesia tetap salah satu yang termahal.

Jika menghitung menggunakan teknik di atas, harga iPhone 7 128GB di Indonesia rata-rata kisaran 13,7 Juta Rupiah. Angka ini berada di 130 persen markup dari harga aslinya. Angka markup ini sendiri membuat Indonesia jadi tempat termahal ke-empat di dunia untuk membeli iPhone, setelah Turki, Brazil, dan Rusia.

Tentu ini hal yang buruk jika kita ingin mengaplikasikannya ke harga iPhone X. Dengan markup 130 persen, maka harga iPhone X akan jadi 1300 dollar, atau kira-kira 17,2 juta Rupiah untuk varian 64 GB.

Lebih mahal lagi untuk varian 256GB yang dengan markup tersebut akan seharga 1495 dollar, yang setara 19,7 Juta Rupiah.

Sebagai sekedar peringatan untuk Anda, ini hanya prediksi menggunakan perkiraan yang bisa jadi tak akurat. Harga bisa jadi lebih murah dari perkiraan ketika masuk Indonesia, namun juga bisa jadi lebih mahal.

Kemahalan? [idc]

Topik berita Terkait:
  1. IPhone X
  2. Apple
  3. Smartphone
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.