Seberapa berharga Yammer di mata Microsoft?

Selasa, 26 Juni 2012 18:40 Reporter : Dwi Andi Susanto
Seberapa berharga Yammer di mata Microsoft? Sekarang Yammer menjadi bagian dari Microsoft (© Merdeka.com)

Merdeka.com - Hari ini (26/06), Microsoft mengumumkan secara resmi bahwa mereka telah mengakuisisi salah situs jejaring sosial bernama Yammer. Situs ini memiliki fungsi lain seperti fungsi situs jejaring sosial pada umumnya. Yammer hanya menghubungkan seorang pekerja dengan pekerja lainnya saja. Jadi bisa dibilang, situs ini adalah situs jejaring sosial bisnis.

Kembali mengulas seputar akuisisi Microsoft akan Yammer, perusahaan pencipta operating system Windows 8 dan Windows Phone 8 ini membeli Yammer sebesar USD 1,2 miliar secara tunai. Oleh karenanya, mulai hari ini, seluruh staf dan semua jajaran pengurus Yammer akan bergabung dengan staf di Microsoft.

Satu pertanyaan adalah kenapa Yammer begitu berharga di mata Microsoft sehingga perusahaan raksasa ini berani membayar secara tunai perusahaan jejaring sosial tersebut?

Menurut sebuah infografis di Engadget.com, Yammer yang didirikan pada bulan September 2008 tersebut pernah menyabet banyak sekali prestasi seperti Best Enterprise Startup dan Best New Startup di The Crunchies 2008, Hottest Companies in San Francisco, dan Best Collaboration System.

Menurut catatan Yammer, situs mereka tersebut telah digunakan di 150 negara dan telah diterjemahkan dalam 23 bahasa di dunia. Sekitar 200 ribu perusahaan di seluruh dunia dengan pengguna lebih dari 5 juta orang telah menggunakan jasa layanan Yammer.

Sampai sekarang, pertumbuhan Yammer sangat pesat. Dalam satu bulan saja, terdapat 250 ribu pengguna baru. Saat ini, harga jual Yammer sebesar USD 1 miliar. Apabila Microsoft mengakuisisi perusahaan ini maka dapat dibilang bahwa Microsoft telah melakukan satu langkah tepat.

Dengan kemajuan teknologi yang dipunyai Microsoft ditambah dengan kualitas Yammer yang tidak dapat diremehkan lagi maka apabila dua perusahaan ini bergabung muncul satu kekuatan baru yang akan meninggalkan kompetitor-kompetitor Microsoft lainnya.

Namun, walaupun telah diakuisisi Microsoft, Yammer akan tetap menjalankan bisnisnya seperti biasa. Microsoft berjanji tidak akan mencampuri urusan manajemen Yammer agar tidak terjadi tumpang tindih sistem yang selama ini diberlakukan oleh Yammer. [das]

Topik berita Terkait:
  1. Microsoft
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini