Sebentar lagi, ilmuwan mampu ciptakan heroin dari gula

Selasa, 19 Mei 2015 15:26 Reporter : Bramy Biantoro
Sebentar lagi, ilmuwan mampu ciptakan heroin dari gula Ilustrasi heroin. shutterstock

Merdeka.com - Heroin saat ini lebih dikenal sebagai salah satu jenis narkoba yang sangat dicari dan berharga mahal. Hal itu disebabkan oleh sulitnya pembuatan zat terlarang itu. Namun, ilmuwan mengaku segera bisa menciptakan heroin dari gula yang biasa kita konsumsi sehari-hari.

Tim ilmuwan gabungan dari Universitas California, Universitas Concordia, dan Universitas Calgary mengungkapkan bila mereka kelak bisa mengubah gula menjadi morfin dengan bantuan ragi khusus. Ragi tersebut telah diubah struktur genetiknya agar bisa memfermentasikan gula secara unik. Kini mereka tengah mengembangkan ragi itu di laboratorium agar bisa berfungsi optimal.

Akan tetapi, ilmuwan tidak bermaksud untuk membuat heroin untuk para pecandu narkoba. Mereka ingin membuat heroin yang lebih murah dan tidak terlalu menimbulkan ketagihan yang dipakai untuk obat bius.

Heroin awalnya memang adalah salah satu zat yang dipakai sebagai obat bius dalam kegiatan medis. Ironisnya, kini heroin justru lebih sering disalahgunakan sebagai narkoba.

Untungnya, membuat heroin dari gula tidak mudah ditiru oleh para produsen narkoba, sebab dibutuhkan peralatan canggih dan keterampilan khusus untuk mengembangbiakkan ragi spesial yang dipakai ilmuwan itu, The New York Times (18/05). [bbo]

Topik berita Terkait:
  1. Penelitian
  2. Penelitian Ilmiah
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini