Sarang burung walet asal Indonesia targetkan pasar online Tiongkok

Sabtu, 23 Januari 2016 12:01 Reporter : Fauzan Jamaludin
Sarang burung walet asal Indonesia targetkan pasar online Tiongkok Ilustrasi e-commerce. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Umum Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), Daniel Tumiwa, menyatakan jika e-commerce di Indonesia siap bersaing dengan luar negeri. Maklum, hal ini lantaran dikabarkannya eBay masuk ke Indonesia. Praktis, hal itu membuat daftar pemain asing yang bercokol di negeri ini semakin bertambah. Sebagaimana di ketahui saat ini sudah ada pemain asing seperti Lazada, JD, dan Ali Express.

"E-commerce ini dibangun di atas internet yang mengusung kebebasan tanpa melihat negara dan siapa. Itu filosofi internet," kata Daniel ditemui usai acara @5 Minutes for e-Commerce 2016 di Jakarta, Jumat (22/1).

Fenomena banyaknya pemain asing yang masuk ke Indonesia, kata Dia, juga seharusnya bisa dilakukan oleh pemain lokal e-commerce untuk ekspansi ke luar negeri. Dia mencontohkan salah satu penjual online sarang burung walet.

Di Tiongkok, sarang burung walet Indonesia sangat diminati. Hal tersebut menjadi salah satu indikator sudah saatnya mulai menjual di market place Tiongkok.

"Seperti, sarang burung walet, kan itu sangat laku di Tiongkok, kenapa tidak para penjual memasarkannya ke sana dengan menggunakan bahasa Mandarin. Kalau kita blokir para pemain global, maka itu akan berdampak pada e-commerce lokal. Misalnya, Blibli atau MatahariMall.com tidak bisa jualan di luar negeri, karena mereka beralasan e-commerce-nya juga dilarang di Indonesia," terang Daniel.

Oleh sebab itu, kata Dia, dengan adanya asing masuk ke wilayah e-commerce Indonesia, tak membuat pihaknya khawatir yang berlebihan. Di sisi lain juga, pemain asing yang masuk ke Indonesia pun tak mudah. Dibandingkan dengan pemain asing, e-commerce Indonesia lebih mengerti kondisi pasar di dalam negeri. [lar]

Topik berita Terkait:
  1. E Commerce
  2. Online Shop
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini