San Francisco boikot Apple karena tidak lagi standar EPEAT

Rabu, 11 Juli 2012 17:58 Reporter : Dwi Andi Susanto
San Francisco boikot Apple karena tidak lagi standar EPEAT Apple tidak dapat lagi menjual produknya di San Francisco terkait standarisasi EPEAT (© Netdna-Cdn.com)

Merdeka.com - Ternyata keputusan Apple untuk menghapus sertifikat hijau atau Green Certificate atau juga dikenal dengan nama sertifikat produk yang ramah lingkungan di beberapa produknyaberimbas terhadap perusahaan berlogo buah apel ini.

Dikabarkan selain mendapat kecaman dari banyak pihak, menurut Mashable.com, Apple sekarang tidak dapat lagi menjual produk-produknya di San Francisco, Amerika Serikat. Hal tersebut disebabkan oleh peraturan yang terdapat dalam kota tersebut mewajibkan semua perangkat elektronik harus mempunyai label standard Electronic Product Environmental Assessment Tool (EPEAT).

Melanie Nutter, Director Department of Environment San Francisco mengatakan, "Kita sangat kecewa dengan tindakan Apple melepas sertifikat hijau untuk produk-produknya. Kita berharap dan menyarankan kepada semua warga San Francisco untuk tidak lagi membeli produk-produk dari Apple."

Sertifikat hijau tersebut merupakan lisensi standar yang harus dipatuhi oleh semua perusahaan elektronik karena dengan terdapatnya sertifikat tersebut, menandakan

bahwa produk yang bersangkutan tidak berbahaya, beracun dan dapat didaur ulang.

Ironisnya, pada saat pembuatan EPEAT tersebut, Apple juga turut andil dalam penciptaan draft-nya. Belum diketahui secara detail kenapa Apple 'membuang' sertifikat hijau tersebut. [das]

Topik berita Terkait:
  1. Apple
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini