Samsung perkenalkan One UI, tampilan antarmuka terbaru

Jumat, 9 November 2018 11:19 Reporter : Fauzan Jamaludin
Logo Samsung. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Bersamaan dengan pengumuman smartphone layar lipatnya, Samsung turut memperkenalkan tampilan antarmuka terbaru untuk perangkatnya.

Dikutip dari Engadget via Liputan6.com, Jumat (9/11), tampilan antarmuka perangkat ini akan diberi nama One UI. Tidak hanya tampil lebih segar, tampilan One UI juga dibuat untuk memudahkan pengguna.

One UI disebut-sebut akan menjadi suksesor Samsung Experience yang kini digunakan di banyak smartphone Samsung. Sebelumnya, Samsung menggunakan nama TouchWiz untuk tampilan antarmuka perangkatnya.

Salah satu fitur andalan dalam One UI adalah 'Focus Blocks'. Fitur ini memungkinan pengguna mengelompokan sejumlah hal penting dalam smartphone-nya agar mudah dijangkau.

Sejumlah pihak menyebut kehadiran fitur ini tidak lepas dari ukuran layar perangkat Samsung, seperti Galaxy Note 9 dan Galaxy S9+, yang terbilang sangat besar. Karenanya, One UI dibuat agar navigasi pengguna tetap nyaman di layar besar.

Dalam kesempatan tersebut Samsung juga menunjukkan penerapan tampilan antarmuka yang dibuat lebih terjangkau. Contohnya di aplikasi 'Messages'.

Jadi, sepertiga bagian atas aplikasi ini merupakan 'viewing area', sedangkan sisanya adalah 'interaction area'. Lewat pembagian ini, pengguna cukup berinteraksi di bagian bawah untuk mengetahui isi pesan.

Perubahan juga dilakukan Samsung pada tombol 'Share' sehingga lebih mudah dijangkau jempol. Selain beberapa hal tersebut, Samsung belum mengungkap lebih banyak detail, tapi perusahaan menjanjikan One UI menawarkan konten dan fitur yang terjangkau jari.

Samsung juga membenamkan modus Night agar pengguna tetap nyaman memakai perangkat dalam kondisi gelap.

Samsung sendiri belum mengungkap waktu perilisan One UI, tapi ada kemungkinan tampilan antarmuka ini akan tampil perdana di Galaxy S10.

Sumber: Liputan6.com

Reporter: Agustinus Mario Damar [faz]

Topik berita Terkait:
  1. Samsung
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini