KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Samsung mengatakan Apple curi desain Sony untuk ciptakan iPhone

Sabtu, 28 Juli 2012 07:00 Reporter : Dwi Andi Susanto
Desain dari Sony, Samsung dan Apple (© 2012 Merdeka.com)

Merdeka.com - Perseteruan bisnis antara Apple dan Samsung seperti tiada akhir. Selama berbulan-bulan dua perusahaan raksasa ini mempermasalahkan hak paten dan keduanya saling tuduh atas hal tersebut. Kini Samsung mempunyai 'senjata baru' dengan menuduh Apple yang sengaja mencuri desain Sony dan mempergunakannya di iPhone.

Dalam persidangan, pengacara Samsung mengatakan desain iPhone merupakan ciptaan desainer Sony, Takashi Ashida dan Yujin Morisawa. Apple sengaja menduplikasi desain tersebut untuk digunakan sebagai model perangkatnya. Bukti dari perkataan pengacara Samsung tersebut merujuk ke sebuah artikel wawancara antara Ashida dan Morisawa dengan koresponden Business Week, Kenji Hall, di Tokyo pada tahun 2006 silam.

Pada tahun tersebut, Ashida mengatakan, "Desain ini merupakan desain asli kami dan bukan desain yang meniru produk lain. Memang kita membuat desain ini tidak berdasarkan survei karena kita selalu ingin membuat desain yang belum pernah ada sebelumnya."

Senada dengan ucapan Ashida, seperti yang dikutip oleh 9 to 5 Mac, Morisawa juga mengatakan bahwa ide dari desain tersebut awalnya terinspirasi dari desain lama Walkman dan mereka ingin menghadirkan satu perangkat musik dengan tampilan desain dan sisi-sisi yang benar-benar baru dari perangkat musik lainnya.

Setelah desain tersebut muncul di internet, Samsung mengatakan bahwa Apple sengaja mencuri ide desain tersebut dan menyetorkannya ke Steve Jobs untuk dikembangkan lagi dan akhirnya menghasilkan iPhone dengan desain seperti sekarang ini.

Dikarenakan terdapatnya bukti tersebut, pihak Samsung mengatakan bahwa Apple tidak memiliki hak untuk menuntut Samsung telah menjiplak desain iPhone karena Apple sendiri juga meniru desain dari Sony. Sebelumnya, Apple menuduh Samsung meniru desain iPhone untuk menciptakan Galaxy S 4G. [das]

Topik berita Terkait:
  1. Sony
  2. Samsung
  3. Apple

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.