Samsung Galaxy S11 Disebut Bakal Bawa Kamera 108MP!

Selasa, 5 November 2019 14:19 Reporter : Indra Cahya
Samsung Galaxy S11 Disebut Bakal Bawa Kamera 108MP! Rumor Samsung Galaxy S11. ©2019 phonearena.com

Merdeka.com - Pada Agustus lalu, Samsung mengumumkan bahwa raksasa teknologi Korea Selatan tersebut sedang mengembangkan sensor kamera 108MP bersama Xiaomi. Sensir yang bernama ISOCELL Bright HMX ini adalah sensor pertama yang membawa resolusi 12.032 x 9024.

Nah, rumor kuat terbaru mencuat kalau sensor ini akan dipakai Samsung di flagship mereka berikutnya, yakni Galaxy S11 Series.

Ini adalah pernyataan dari salah satu pembocor yang terkenal akurat yakni Ice Universe yang ia cuitkan di akunnya yakni @UniverseIce.

Sensor ini sendiri akan punya kemampuan menyerap cahaya lebih banyak, sehingga jauh lebih baik di kondisi redup cahaya. Teknologi Tetracell dari Samsung akan menghasilkan gambar 27MP dari sensor 108MP ini.

Selain foto, di sektor video akan dapat dihasilkan footage dengan resolusi 6K (6016 x 3384) piksel, di 30fps.

Meski demikian, sensor generasi pertama dari ISOCELL 108MP ini akan dipakai oleh Xiaomi terlebih dahulu, dan sebelumnya sudah diperkenalkan di purwarupa Mi Mix Alpha.

1 dari 4 halaman

Prediksi Lain Soal Kamera Galaxy S11 Series

Selain soal sensor 108MP, S11 Series akan mengusung empat kamera. Kamera utama ini akan dipadu dengan kamera ToF yang bisa kita temui di Note 10+ lalu.

Ini akan membantu konten fotografi bokeh di lensa telefoto serta konten AR. Sensor kamera ToF sendiri mampu mengumpulkan data kedalaman dengan sangat akurat.

Di samping kamera utama dan ToF, akan ada kamera telefoto serta ultra wide angle. Soal kamera telefoto, akan ada zoom optikal 5x yang tersemat di lensanya. Ini meningkat dari Samsung Galaxy S10 yang hanya membawa 2x zoom optikal.

Deretan smartphone kompetitor yang memiliki zoom optikal adalah iPhone 11 Pro dengan 2x Zoom, OnePlus 7 Pro dengan 3x Zoom, Huawei P30 Pro dengan 5x zoom, serta Oppo Reno dengan 10x zoom hibrida.

2 dari 4 halaman

Spektrometer dan Deep Fusion di Kamera Galaxy S11

Di salah satu varian S11 nantinya, diprediksi akan ada sebuah fitur canggih yang bernama spektrometer. Ini adalah fitur di mana Anda bisa mengarahkan smartphone Anda ke sepotong buah dan langsung tahu nilai nutrisi di dalamnya.

Tak cuma itu, kulit Anda bisa dipindai untuk tahu kadar air dan minyak di dalamnya. Sensor ini bahkan bisa mengidentifikasi minuman, di mana jenis minuman dan kadar alkohol di dalamnya bisa diidentifikasi.

Selain sensor yang kini makin besar, Samsung dilaporkan juga akan menambahkan fitur baru serupa Deep Fusion Apple di iPhone 11 Pro.

Fitur ini berupa analisis deretan foto yang dijepret berkali-kali oleh sistem, di antaranya diambil dengan eksposur cepat dan foto lain ketika tombol shutter ditekan. Ini akan menghasilkan foto dengan momen terbaik, dengan upaya yang mudah.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung Galaxy S11

Berdasarkan rumor, berbagai bocoran dari Galaxy S11 Series telah diprediksi. Dirumorkan, terdapat empat varian Samsung Galaxy S11. Tiga di antaranya mendukung 5G sebagai standarnya, sementara satu varian hanya terbatas 4G LTE.

Tiga varian dengan 5G ini kemungkinan adalah Samsung Galaxy S11, S11+ dan S11e. Varian 4G LTE-nya berupa S11e tanpa 5G.

Kemudian, Soal dapur pacu diprediksi Samsung S11 akan mengusung Snapdragon 865/Exynos 9830. Soal RAM, prosesor ini akan memadukan RAM dengan varian 8GB hingga 12GB.

Dari segi desain kita akan menemui bahasa desain yang serupa dengan Galaxy S10 dengan sudut yang lebih melingkar, namun bezel tipis dan lubang Infinity O yang jauh lebih kecil dari milik Note 10. Diprediksi, peletakan lubang layarnya akan diposisikan di bagian tengah seperti Note 10.

4 dari 4 halaman

Tidak Diperkenalkan di MWC

Berbeda dengan tradisi, di mana Samsung Galaxy S2, S5, S6, S7, dan S9, semua diperkenalkan di MWC Barcelona, kali ini dirumorkan S11 akan dilepas pada tanggal 18 Februari 2020. Hal ini membuat Galaxy S11 akan diumumkan satu minggu sebelum gelaran MWC 2020 dihelat.

Sebelumnya Galaxy S3 tidak diperkenalkan di MWC, karena Samsung mengambil waktu tengah tahun. Pasalnya, siklus pengembangan smartphone yang kala itu masih cukup lama. Selain itu, Samsung S8 juga diumumkan agak terlambat, pasca insiden baterai Note 7 yang harus dipastikan aman oleh Samsung. [idc]

Baca juga:
Ini Spesifikasi Samsung Galaxy S10 Lite, Rilis Tahun Depan
WhatsApp Siapkan Dark Mode Untuk iOS
Ini Rumor Spesifikasi Xiaomi Mi Note 10 dan Mi Note 10 Pro, Tertarik?
Ini Penampakan dan Prediksi Spesifikasi Smartphone Lipat Motorola RAZR
Xiaomi Segera Hadirkan Mi Note 10?
Segera Rilis Generasi Kedua, Samsung Ingin Perlaris Lini Galaxy Fold
Samsung Patenkan Teknologi Smartphone Dengan Layar Sliding, Apa Itu?

Topik berita Terkait:
  1. Samsung Galaxy
  2. Rumor Android
  3. Samsung
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini