Samsung Galaxy Fold, Akhirnya Smartphone Lipat Pertama Telah Lahir!

Kamis, 21 Februari 2019 06:11 Reporter : Indra Cahya
Samsung Galaxy Fold, Akhirnya Smartphone Lipat Pertama Telah Lahir! Samsung Galaxy Fold. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Setelah bertahun-tahun spekulasi dan bocoran, setelah bertahun-tahun pula teaser dan penundaan dibeberkan, akhirnya Samsung memperkenalkan Samsung Galaxy Fold, smartphone lipat pertama dari Samsung.

Kita pertama kali melihat Samsung Fold pada November lalu, dan gadget tersebut masih berbentuk purwarupa dan lampu tak seberapa terang. Namun akhirnya kini kita dapat melihatnya lebih dekat dan jelas.

Mari kita bahas deretan fitur, desain, dan spesifikasi dari smartphone revolusioner ini.

Desain dan Layar

Seperti namanya, ini adalah smartphone lipat. Konsepnya adalah kita menutup layarnya ke dalam layaknya buku, dan di bagian luarnya terdapat layar juga.

Di bagian luar, terdapat layar 4,6 inci dengan resolusi 840x1960 dengan aspek rasio 12:9. Layar ini punya kesan compact namun tebal karena akan dipakai dalam keadaan tertutup. Meski demikian, pemakaian satu tangan akan sangat mudah.

Nah, semua akan makin menarik ketika smartphone dibuka. Ketika terbuka, akan ada sebuah layar 7,3 inci dengan resolusi 1536 x 2152 (aspek rasio 4,2:3).

Samsung mengembangkan layar lipat ini dengan polymer baru yang membuat layar bagian dalam ini jadi 50 persen lebih tipis ketimbang semua layar yang pernah ada. Hal ini membuat smartphone lipat Samsung mengusung layar yang benar-benar dilipat.

Samsung Galaxy Fold 2019 Merdeka.com

Samsung pun mengklaim kalau engsel yang ada di bawah layar fleksibelnya sudah secara spesifik didesan dengan melewati ribuan kali uji coba buka tutup tanpa rusak. Engselnya terdiri dari banyak teknologi rumit, yang dijanjikan Samsung akan menghasilkan rasa klik yang menyenangkan ketika gadget dilipat.

Fingerprint sensor terletak di bagian samping di bingkai kanan gadget. Tidak ada pemindai sidik jari dalam layar dan kini Samsung mengadopsi peletakan pemindai sidik jari di samping seperti yang telah kita lihat di Samsung S10e dan juga Sony Xperia lawas.

Galaxy Fold akan mengusung beberapa warna, Space Silver, Cosmos Black, Martian Green, serta Astro Blue. Samsung juga memberikan opsi kustomisasi warna sesuai preferensi pengguna dengan kombinasi warna preset dan aksen yang diinginkan.

Dapur Pacu dan Kamera

Samsung Galaxy Fold mengusung prosesor yang tidak terspesifikasi, namun disebut mengusung teknologi 7 nanometer yang mungkin adalah Snapdragon 855 atau Exynos seri 9 terbaru. Prosesor ini akan dipadu RAM 12GB dan storage 512GB.

Dalam perangkatnya, terdapat dua buah baterai karena kondisi bodi yang terpisah. Namun dua baterai ini akan diperlakukan jadi sebuah baterai yang kapasitas totalnya adalah 4.380mAh. Galaxy Fold ini memiliki kemampuan pengecasan nirkabel dan jadi powerbank nirkabel seperti deretan Samsung S10.

Terdapat total 6 kamera di satu perangkat ini. Di belakang, terdapat tiga buah kamera yakni 12MP kamera utama dengan dual aperture (f1.5 dan f2.4), 12MP kamera telephoto dengan 2x optical zoom dan bukaan f2.4, serta kamera wide-angle 16MP.

Seperti yang ada di Samsung S10, dua kamera utama dan telephoto akan mendapatkan stabilisasi optik (OIS) sementara kamera wide-angle tidak.

Di bagian layar ketika tertutup, tedapat sebuah kamera selfie 10MP dengan bukaan f2.2, serta terdapat juga dual kamera selfie bersensor 10MP f2.2 dipadu depth camera ketika perangkat dibuka menjadi tablet.

Samsung Galaxy Fold 2019 Merdeka.com

User Interface

Samsung menggunakan laman antarmuka terbarunya, yakni One UI yang ketika diterapkan di Galaxy Fold membawa fitur unik dan menyokong fungsi perangkatnya sebagai teknologi lipat.

Pertama, terdapat kontinuitas aplikasi ketika terbuka dan tertutup. Jadi jika Anda sedang mengamati Google Maps ketika perangkat tertutup, lalu ketika Anda membuka perangkat Anda akan mendapatkan gambar lebih besar di tampilan yang sebelumnya Anda buka di lauar lebih kecil.

Fitur unggul lainnya adalah Anda bisa membuka total tiga aplikasi di layar besarnya. Aplikasi utama terbuka besar di bagian kiri, dan ada dua jendela kecil di bagian kanan terbagi atas bawah.

Samsung Galaxy Fold 2019 Merdeka.com

Harga?

Di AS, Galaxy Fold sudah mulai bisa dibeli pada 26 April mendatang. Harga Galaxy Fold dibandero =l 1920 USD, atau setara dengan Rp 27 juta.

Tertarik? [idc]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini