Samsung Galaxy A80 VS Galaxy A70, Mana Yang Terbaik?

Jumat, 12 April 2019 16:22 Reporter : Indra Cahya
Samsung Galaxy A80 VS Galaxy A70, Mana Yang Terbaik? Samsung A80 vs Samsung A70. ©2019 Pocket Lint / Tech Radar

Merdeka.com - Samsung memperkenalkan lagi varian terbarunya di lini A, yakni Samsung Galaxy A80. Sebelumnya, Samsung memperkenalkan varian di lini A yang nampaknya juga berada di kelas menengah ke atas, yakni Samsung Galaxy A70.

Nah, mari kita bandingkan keduanya. Mengingat, keduanya adalah smartphone yang punya label 'hampir flagship' alias upper mid-range.

Berikut ulasannya seperti yang dikutip merdeka.com dari berbagai sumber.

Kesamaan dari Samsung Galaxy A80 dan Galaxy A70

Mari kita bahas kesamaan keduanya dulu, karena ketimbang perbedaannya yang cukup mendasar, ada beberapa kesamaan yang diusung keduanya.

Samsung A80 dan A70 keduanya sama-sama mengusung bentang layar 6,7 inci, keduanya beresolusi Full HD+, dan juga sama-sama menggunakan panel AMOLED.

Soal bodi, keduanya mengusung bodi kaca yang dibingkai metal. Keduanya mengusung juga pemindai sidik jari bawah layar. Selain itu, keduanya juga menawarkan RAM hingga 8GB dan juga storage hingga 128GB. Soal software, hampir semua smartphone Samsung juga akan sama.

Nah, itu adalah deretan kesamaan antara keduanya. Berikut deretan perbedaan antara Samsung Galaxy A80 dan Galaxy A70.

Desain

Berbicara perbedaan soal desain, Samsung A80 bisa dibilang lebih canggih. Pasalnya smartphone yang baru diperkenalkan kemarin ini memiliki layar penuh tanpa interupsi dari notch atau poni. Hal ini bisa didapatkan karena adanya mekanisme rotasi tripel kamera dan sliding yang diaplikasikan di Samsung A80.

Samsung A70 sedikit lebih konvensional dengan mengusung waterdrop notch di bagian atas layarnya guna mengakomodir kamera depan.

Soal bezel, Samsung A80 memiliki bezel yang lebih tipis ketimbang A70, meskipun keduanya sudah bisa dibilang mengusung bezel yang super tipis.

Soal bodi belakang, peletakan konfigurasi tripel kamera juga berbeda. A80 di tengah seara horizontal, A70 diletakkan di pojok kiri mengarah vertikal.

Soal ukuran, keduanya memiliki ukuran yang hampir sama. Perbedaan mungkin hanya hitungan milimeter saja sehingga kita tak akan bisa melihat perbedaan ukuran secara kasat mata.

Meski demikian, Samsung A80 akan lebih berat dan mantap karena mengusung deretan onderdil yang lebih banyak. Samsung A70 memiliki berat yang ringan dan terasa ramping untuk digenggam.

Kamera

Kedua smartphone ini sama-sama mengusung tripel kamera, namun sedikit berbeda konfigurasi. Keduanya sama-sama mengusung konfigurasi antara sensor utama, ultra wide sensor, serta kamera sensor kedalaman.

Perbedaannya adalah sensor kedalaman dari A70 menggunakan sensor biasa, sementara A80 mengusung kamera Time of Flight. Ini adalah kamera yang bisa digunakan untuk membuat model 3D, dengan metode pengukuran jarak antara sensor dan objek. Hal ini dilakukan dengan memancarkan sinyal dan mengukur perbedaan waktu antara sinyal dipancarkan sampai kembali ke sensor.

Selengkapnya, Anda bisa menyimak laporan kami soal kecanggihan kamera dari Samsung A80 di artikel Canggihnya Kamera Samsung Galaxy A80 , yang langsung bisa Anda klik.

Dapur Pacu dan Fitur

Soal prosesor, Samsung A80 memiliki prosesor yang lebih canggih ketimbang Samsung A70. Tepatnya A80 menggunakan Snapdragon 730, sementara A70 menggunakan Snapdragon 675. Soal RAM, A70 memiliki varian 6GB dan 8GB sementara A80 hanya memiliki 8GB.

Soal baterai juga keduanya cukup berbeda, pasalnya Samsung A80 yang notabene lebih canggih dan diasumsikan akan menguras banyak daya, justru mengusung baterai lebih rendah. Samsung A80 memiliki baterai berkapasitas 3.700mAh, sementara A70 4.500mAh. Kabar baiknya, keduanya didukung fast charging sekaligus charger 25W.

Yang paling krusial, Samsung A80 tidak memiliki headphone jack dan juga slot Micro SD, sementara Samsung A70 memiliki keduanya. Ulasan lengkap soal ini bisa Anda simak di artikel Samsung Buang Dua Fitur Krusial Ini , yang langsung bisa Anda klik.

Mana yang menurut Anda terbaik? [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Samsung Galaxy
  2. Samsung
  3. Smartphone
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini