Sadar Isu Lingkungan, Apple Tak Sertakan Charger dan Kecilkan Box

Kamis, 15 Oktober 2020 16:17 Reporter : Indra Cahya
Sadar Isu Lingkungan, Apple Tak Sertakan Charger dan Kecilkan Box iPhone 12. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Jika Anda berencana membeli iPhone 12 model apapun, atau iPhone SE 2020 yang sudah rilis sejak 6 bulan lalu, Anda harus sudah menyiapkan sendiri adaptor charger.

Pasalnya, seperti yang sudah dirumorkan, Apple tidak lagi menyertakan adaptor charger atau kepala charger di dalam kotak. Apple mengklaim saat ini di luar sana ada dua miliar adaptor Apple yang dirilis selama bertahun-tahun. Jadi, merupakan langkah baik untuk lingkungan untuk menggunakan lagi yang lama. Tentu jika Anda pengguna iPhone baru, Anda harus meminjam atau merogoh kocek beberapa ratus ribu Rupiah lagi untuk membeli baru.

Yang juga tidak disertakan Apple dalam kotak iPhone 12 adalah earpod berkabel. Apple menyebut bahwa mereka telah mendistribusikan lebih dari 700 juta earpod berkabel dengan konektor Lightning selama bertahun-tahun. Lagipula Apple berasumsi bahwa pengguna pasti sudah memiliki earphone pilihannya sendiri, dan itu belum tentu besutan Apple.

Apple menyebut bahwa langkah ini akan mengurangi emisi karbon dan memungkinkan perusahaan mereduksi ukuran kotak. Mengecilkan ukuran kotak ini ternyata adalah sesuatu yang penting karena satu kali pengiriman cargo akan muat 70 persen lebih banyak produk. Sehingga ini juga merupakan salah satu upaya ramah lingkungan.

Disebut, jumlah polutan yang akan dihemat Apple dengan cara ini setara dengan menghilangkan 450.000 mobil dari jalanan selama setahun.

Apple bahkan dilaporkan bergerak lebih cepat lagi. Tahun depan, dilaporkan Ming Chi Kuo yang dimuat Phone Arena, Apple hanya akan bisa dicas secara nirkabel.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi iPhone 12

Total ada empat varian iPhone 12. Kesemuanya menggunakan konektivitas 5G. Dari luar, nampak ada bahasa desain baru yang diusung iPhone 12, meski masih tetap memanfaatkan notch yang kini sudah jadi ciri khas iPhone.

Perubahan tersebut terletak pada bingkai alumunium yang mengotak, seperti yang dulu kita temui di iPhone 5. Meski demikian, terlihat pula bezel yang makin menipis sehingga secara keseluruhan iPhone terbaru ini terlihat makin elegan.

Soal kamera, iPhone 12 tetap membawa dua kamera yang terdiri dari kamera wide dan ultra wide, namun kedua sensor ini mendapatkan spesifikasi baru yang lebih canggih. Keduanya merupakan sensor 12MP, namun bukaan lensanya sama-sama besar, yakni f1.6. Hal ini akan membuat kamera akan menangkap lebih banyak cahaya dan lebih baik performanya di low-light. Selain itu, depth of field yang lebih dalam akan membuat latar belakang foto akan makin blur dan estetik.

Apple juga memutakhirkan software kameranya, mulai dari teknologi pemorosesan Deep Fusion, Night Mode yang bisa diaplikasikan ke semua kamera (bahkan kamera selfie), dan Smart HDR 3 yang jauh lebih canggih dari generasi sebelumnya.

iPhone 12 Series kesemuanya ditenagai oleh chipset terbaru Apple yakni A14 Bionic. Prosesor ini sudah muncul bulan lalu di perkenalan iPad Air terbaru. Ini adalah silicon terbaru Apple yang dibangun di atas teknologi 5 nanometer.

Terakhir, iPhone 12 sudah mendukung pita frekuensi 5G yang mampu mengunduh data dengan kecepatan 3,5Gbps. Penggunaan 5G sendiri akanm disesuaikan secara cerdas oleh iPhone, sehingga jika tak terpakai, perangkat langsung berubah ke 4G untuk menghemat baterai. [idc]

Baca juga:
Kecanggihan Layar iPhone 12, Mulai Layar OLED Hingga Proteksi Keramik
CEK FAKTA: Hoaks Cara Deteksi Ponsel Disadap Menggunakan Nomor IMEI
iPhone 12 Resmi Diperkenalkan, Ini Fitur Terbaik dan Harganya
Asosiasi Ponsel sebut Kapasitas Mesin CEIR Harus Ditambah
Kemkominfo: Mesin CEIR Bisa Digunakan Normal
Peluncuran Global Huawei Mate 40 Dilaporkan Tertunda, Mengapa?
Aksara Kawi Masuk Unicode, PANDI: Digitalisasi Aksara Nusantara Semakin Banyak

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini