Saat anak negeri mampu operasikan satelit BRI sendiri

Jumat, 24 Juni 2016 18:00 Reporter : Indra Cahya
Saat anak negeri mampu operasikan satelit BRI sendiri satelit BRI. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menjadi perusahaan perbankan pertama di dunia yang memiliki sekaligus mengoperasikan satelit komunikasi milik sendiri. Tepat pada tanggal 19 Juni 2016 dini hari waktu Indonesia, bertempat di Kourou, Guyana Perancis, satelit bernama BRIsat dilepas ke orbit. Tonggak sejarah baru ini menjadi torehan tinta emas yang digoreskan oleh BRI demi memberikan kontribusi pada perekonomian dalam negeri.

Lebih detail, BRIsat siap meluncur ke orbit menggunakan roket Ariane 5 milik Arianespace. Perusahaan jasa pengorbitan yang berasal dari Perancis itu memang didapuk sebagai kolega dalam proyek potensial ini. Selain itu, ada pula campur tangan Space System/Loral (SS/L) dalam manufaktur satelit dan penggemblengan engineer muda asli Indonesia.

Oleh karena sumber daya manusia di Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata, seluruh pengoperasian satelit dipercayakan sepenuhnya pada anak negeri. Total, terdapat 53 orang putra-putri tanah air yang bertanggung jawab terhadap 45 transponder yang ada. Proses perekrutan mereka pun tidak terjadi secara instan. Mereka diharuskan melalui proses magang di Amerika selama 15 bulan.

Selama mengikuti program pembelajaran ini, para pegawai BRI tersebut beroleh pujian dari pihak SS/L. Pasalnya, putra-putri terbaik ibu pertiwi itu cepat tangkap dan tanggap dalam memahami materi. Kendati demikian, tim SS/L tetap akan melakukan pendampingan usai BRIsat diluncurkan.

Dari orbit geostasioner 150.5 Bujur Timur, BRIsat diharapkan mampu menjangkau tiap jengkal Nusantara demi memperluas jaringan dan meningkatkan kualitas layanan. Selain itu, BRI pun jadi turut aktif dalam menciptakan masyarakat yang terkoneksi guna menciptakan pemerataan kesempatan dan servis di seluruh negeri. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Satelit BRI
  2. Satelit Indonesia
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini