Rumor Snapdragon 845, chip tercanggih yang akan bersaing dengan chip iPhone X

Selasa, 5 Desember 2017 10:00 Reporter : Indra Cahya
Rumor Snapdragon 845, chip tercanggih yang akan bersaing dengan chip iPhone X Qualcomm Snapdragon. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Smartphone modern saat ini mengusung teknologi mobile yang canggih, serta hemat sekali energi. Teknologi tersebut dimotori oleh sesuatu bernama prosesor, atau SoC yang merupakan otak smartphone Anda.

Prosesor ini terdiri dari pengolah pusat atau CPU, pengolah grafis atau GPU, prosesor gambar, sirkuit output suara, dan memori super cepat atau cache. Seluruh kerumitan ini dibungkus dalam wadah yang sangat kecil, tak lebih dari uang koin.

Untuk Android, paling canggih saat ini adalah Snapdragon 835, dan tak bisa dipungkiri bahwa tahun depan akan dirilis chip lebih baru dan lebih canggih lagi.

Digadang-gadang bernama Snapdragon 845, dirumorkan prosesor masa depan ini mengusung teknologi yang sama dengan 835. Di mana prosesor ini mengusng delapan inti: empat inti untuk menangani single task dan empat inti lagi untuk multitask. Bedanya, desain inti prosesornya akan diganti ke ARM high-end Cortex-A75 serta mid-range Cortex-A55 processor. Hal ini akan membuat 845 lebih cepat 20 persen dari 835 soal single task, serta lebih efisien daya 15 persen secara keseluruhan.

SD845 akan tetap dibangun dalam teknologi 10nanometer, namun dengan teknologi terbaru yakni metode LPP yang membawa perbaikan efisiensi daya yang signifikan.

Di samping soal nanometer serta inti, SD845 akan dimaksimalkan untuk beberapa fungsi cerdas seperti autentikasi biometrik, pengenalan suara dan kecerdasan buatan. Adreno 630 yang akan jadi GPU barunya, diproyeksikan mumpuni untuk AR dan VR dalam tingkat canggih.

Terlebih lagi, SD845 diharapkan akan mengusung modem LTE baru Qualcomm X20 yang mampu mengunduk hingga 1,2GBps dan unggah 150MBps.

Diharapkan, chip ini akan terpasang pertama kali di perangkat Samsung Galaxy S9.

Menarik? [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Qualcomm
  2. Smartphone
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini