Rudiantara: Pengembangan SDM Tantangan Menkominfo Selanjutnya

Kamis, 10 Oktober 2019 12:30 Reporter : Merdeka
Rudiantara: Pengembangan SDM Tantangan Menkominfo Selanjutnya Menkominfo Rudiantara. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, di masa mendatang tantangan bagi siapapun yang bakal menjadi Menkominfo selanjutnya akan lebih kompleks lagi. Sebab, kata dia, banyak hal yang harus diperhatikan dan menjadi fokus utama Menkominfo di periode 2019-2024.

"Salah satu tantangan utamanya itu adalah pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Jangan sampai nanti SDM yang bagus dimiliki kita ditarik ke luar negeri. Karena kan begini, jumlah SDM yang bagus-bagus di kita itu sedikit. Ini juga lantaran negara tetangga punya keinginan memiliki unicorn," kata pria yang akrab disapa Chief RA saat ditemui usai acara Halodoc di Jakarta, Kamis (10/10).

Makanya, lanjut dia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) saat ini mulai mengembangkan talenta digital dengan adanya program scholarship yang terus bertambah. Selain itu juga, Menkominfo mendatang, harus fokus terhadap pengembangan infrastruktur. Oleh sebab itulah, landasannya dari sisi kebijakan infrastruktur itu dibuat sekarang ini.

"Kemudian iklim dari ekosistemnya sendiri," ungkapnya.

Dia juga mengatakan, dari sisi regulasi pun jangan terlalu banyak regulasi. Ia pun mencontohkan terkait dengan jumlah regulasi yang dibuat oleh Kemkominfo. Tahun lalu, Kemkominfo membuat 18 peraturan menteri untuk menggantikan 70 peraturan menteri sebelumnya.

"Tahun ini diperkirakan ada 30-35an peraturan menteri baru tetapi 90 lebih peraturan menteri kita bunuh. Jadi peraturan harus kita turunkan jangan bikin susah. Peraturan yang tidak applicable gak relevan lagi ditutup atau cabut. Peraturan yang bikin susah dicabut. Jangan bikin susah masyarakat," terangnya. [faz]

Topik berita Terkait:
  1. Menkominfo
  2. Rudiantara
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini