Riset Baru soal Gen Z di Indonesia dan Aplikasi Mobile

Selasa, 17 Desember 2019 07:00 Reporter : Syakur Usman
Riset Baru soal Gen Z di Indonesia dan Aplikasi Mobile Ilustrasi Smartphone. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - App Annie, pemimpin data pasar seluler dan analitik, merilis laporan tentang Generasi Z, demografi yang sekarang merupakan populasi terbesar di dunia. Generasi ini menganggap bahwa mobile harus didahulukan. Secara rata-rata, 98 persen dari generasi ini memiliki smartphone yang pertama pada usia 10 tahun.

Sebagai salah satu generasi termuda, generasi Z diperkirakan melampaui generasi milenial sebagai generasi terbesar pada akhir 2019, yang mencakup sekitar 32 persen dari populasi.

Cindy Deng, Managing Director App Annie untuk Asia Pasifik, mengatakan kami percaya 2020 akan menandai awal dari dekade mobile. Brand (merek) harus bertindak sekarang dan mempersiapkan perjalanan mobile mereka untuk menumbuhkan loyalitas merek dan memaksimalkan nilai profitabilitas pelanggan atau customer lifetime value (CLV).

Menurutnya, ada beberapa karakteristik perilaku Gen Z yang beda dari generasi sebelumnya. Antara lain generasi pertama yang 'tumbuh dan dibesarkan' dengan ponsel dan smartphone.
Kemudian 71 persen generasi ini percaya, jika brand harus dapat membantu mereka mencapai aspirasi/tujuan pribadi, akses yang sesuai dengan jadwal mereka.

Generasi ini tertarik dengan hiburan dan permainan dibanding Keuangan, lebih menghargai 'akses' dibandingkan 'kepemilikan', menyukai brand yang menawarkan 'status' dan 'afiliasi'.

Menurut Deng, meskipun ada banyak karakteristik perilaku yang mendefinisikan Gen Z, mereka bukanlah kelompok yang homogen, dan perilaku mobile mereka berbeda berdasarkan pasar.

Di pasar mobile-first yang mengedepankan mobile di Indonesia, kami menemukan ada peluang di banyak kategori untuk menggapai Gen Z, terutama di bidang keuangan dan belanja.

"Aplikasi dalam kategori yang sangat relevan dengan Gen Z, seperti game dan hiburan, dapat menjadi mitra yang sangat baik untuk meningkatkan jangkauan," ujar Deng dalam keterangan persnya, kemarin.

Baca Selanjutnya: Beberapa pandangan kunci Gen Z...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini