Redmi 4X smartphone budget tampilan premium

Senin, 22 Mei 2017 10:16 Reporter : Djoko Poerwanto, Indra Cahya
Xiaomi Redmi 4X. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Selamat tinggal kepada smartphone budget yang menggunakan plastik sebagai bahan utama bodinya (apapun alasannya itu). Adalah Redmi 4X, ponsel pintar besutan pabrikan gawai ternama asal Tiongkok Xiaomi yang bakal menyuguhkan pengalaman menggunakan smartphone premium tanpa merogoh isi kantong anda lebih dalam.

Dalam kesempatan ini, Xiaomi Indonesia memberi kesempatan kepada merdeka.com untuk mencoba Redmi 4X. Selanjutnya, kami akan berbagi pengalaman tentang bagaimana menggunakan Redmi 4X dalam kegiatan sehari-hari.

Xiaomi Redmi 4x diluncurkan pada awal bulan Aprilkemarin dan menyasar pasar tengah smartphone Indonesia yang juga sudah penuh dengan beberapa pabrikan.

Secara sekilas Redmi 4X yang berukuran 5 Inchi ini menggunakan material anodised aluminium, dengan potongan yang presisi, layaknya smartphone kelas 6 jutaan ke atas. Sisi muka diproteksi oleh Corning Gorilla Glass protection. Tak ada tombol fisik, hanya ada 3 capacitive touch button standard navigasi smartphone Android. Selain itu tak ada brand label, bersih, dan sederhana namun sedap dipandang mata. Di bagian atas ada kamera depan berkekuatan 5MP dengan f/ 2.2, dan proximity sensor.

Utuhnya, Redmi 4X menganut konsep design unibody, artinya smartphone ini tak bisa dibongkar-bongkar sembarangan.

Pada sisi bagian kiri terdapat slot/tray untuk memasukkan kombinasi SIM card dan kartu memory tambahan (maksimal sampai dengan 128 GB). Pada sebelah kanan ada volume rocker dan tombol power.

Pada bagian belakang, terdapat kamera berkekuatan 13MP f/ 2.0 pada sisi kanan atas plus lampu flash, serta bidang lingkaran di tengah untuk pemindai sidik jari. Redmi 4X masih menyertakan headphone jack dan USB micro untuk charging.

Xiaomi Redmi 4X ©2017 Merdeka.com

Pengalaman penggunaan

Memegang Redmi 4X ini terasa agak lebih tebal dari beberapa teman-temannya, namun ini bukan suatu masalah yang berarti. Bahkan terasa lebih manta saat digenggam. Membuka lockscreen dengan pemindai sidik jari juga terbuka cepat (menggunakan jari telunjuk), dan anehnya terasa nyaman dengan model seperti ini (kami terbiasa pemindai sidik jari ada di depan).

Untuk performa, di atas kertas Redmi 4X menggunakan Snapdragon 435 octa-core processor, 1.4GHz max dan Adreno 505 GPU yang merupakan prosesor kelas entry level, dipadu RAM 3 GB. Ini tak begitu mewah. Namun setelah kami gunakan, spesifikasi ini sudah cukup untuk kita beraktivtas sehari-hari seperti ber-chat ria, browsing dan bersocial media.

Layar Redmi 4X yang berkekuatan 294 ppi pixel density dengan resolusi 720 x 1280 pixels, sudah cukup memuaskan untuk smartphone berukuran 5 Inchi.

Sedikit mengganjal, untuk smartphone keluaran 2017 Redmi 4X agak aneh dengan masih menggunakan stock marshmallow yang sudah usang (2 tahunan) sebagai core OS nya (MIUI8). Apapun alasannya, stock core Android terbaru sangat diharapkan untuk keamanan dan kestabilan.

Meski demikian, MIUI8 membawa beberapa fitur menarik, salah satunya adalah Second Space. Second Space ini merupakan fitur MIUI8 yang memungkinkan kita untuk memiliki dua setup yang berbeda dalam satu perangkat. Hal ini membuat kita seperti memiliki dua smartphone dalam satu perangkat. Dengan ini kita bisa mengatur aplikasi atau file apa saja yang bisa digunakan di setelan utama kita, atau di setelan kedua.

Selain itu terdapat fitur Dual Apps dari MIUI8 yang memungkinkan kita memiliki akun ganda dalam satu aplikasi. Dengan ini kita bisa memiliki dual akun BBM, dual akun WhatsApp dan sebagainya, dalam satu device. Tentu hal ini membuat kuota sedikit lebih irit.

Selain itu, Xiaomi tetap mempertahankan fitur andalan di berbagai perangkatnya, yakni universal infrared remote, atau infrared blaster. Dengan ini kita bisa menjadikan Redmi 4X sebagai remote berbagai home appliances, seperti televisi, AC, dan BluRay Player.

Kamera

Kamera Redmi 4X bagian belakang dengan kekuatan 13MP f/ 2.0 sangat mengagumkan. Menggunakannya cukup mudah, pindah fokus dan ambil gambar juga mudah, dan hasil gambarnya juga cukup indah serta kaya warna. Berikut contoh gambarnya.

Xiaomi Redmi 4X ©2017 Merdeka.com

Xiaomi Redmi 4X ©2017 Merdeka.com

Xiaomi Redmi 4X ©2017 Merdeka.com

Sedangkan bagian depan, kamera 5MP f/2.2 juga sudah sangat mumpuni untuk digunakan selfie di berbagai suasana. Berikut contoh gambarnya.

Xiaomi Redmi 4X ©2017 Merdeka.com

Ketersediaan dan Harga

Xiaomi Redmi 4X dibanderol dengan harga Rp 2.099.000, dengan garansi resmi dari Xiaomi Indonesia. Anda bisa mendapatkan Redmi 4X di store Erafone atau bagi Anda yang berada di daerah, Anda bisa mendapatkan di berbagai store yang merupakan distributor TAM.


Kesimpulan

Secara keseluruhan Redmi 4X cukup OK buat Anda yang pengen punya smartphone baru dan cukup mewah untuk harga yang terjangkau. Tak hanya itu, Redmi 4X yang memiliki baterai berkekuatan 4100 mAh, di atas kertas merupakan kelas baterai yang buas. Untuk penggunaan standar, Anda bisa mengecas unit ini hanya 3-4 hari sekali. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Xiaomi
  2. Smartphone
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.